Tanya Dokter

  • benjolan di setiap lipatan kulit tubuh

  •  rikagiyatno
    Anggota

    selamat siang dok saya mw bertanya,keponakan sy hafidz usianya skr menginjak 11 bulan,dy gemuk sekali.makanya d tubuhnya banyak sekali lipatan-lipatan lemak. yg mengherankan,d setiap lipatan itu muncul benjolan menyerupai keloid,salah satu nya sudah membesar berbentuk panjang seperti jari.benjolannya itu ada di lipatan ketiak,lipatan tangan,lipatan paha,lipatan kaki belakang..awalnya hanya titik hitam saja,lama kelamaan,menjadi benjolan yg memanjang.dan rasanya gatal,karna keponakan saya itu suka menggaruknya,bahkan sampai berdarah-darah kalau tidak ketahuan yang mau sy tanyakan. 1. Apa benar itu penyakit imonium?atau penyakit lain seperti KGB? 2. penyakit apa itu? 3. bagaimana cara penanggulangannya? trimakasih banyak untuk waktunya.

    Hai,   Saran terbaik sebaiknya segera ajak keponakan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter anak. Pembengkakan KGB biasa tidak diinduce (dirangsang) oleh faktor obesitas/ kegemukan. Untuk memastikan apakah benjolan yang Anda nyatakan seperti keloid maka pemeriksaan secara langsung benjolan tersebut akan diperlukan. Dengan pemeriksaan fisik langsung seorang dokter dapat menilai dengan lebih akurat apakah benjolan yang Anda maksudkan. Adapun kemungkinan benjolan tersebut adalah :

    1. Pembengkakan KGB
    2. kista
    3. Abses
    4. tumor
    5. Keloid
    6. Lipoma
    7. dll
    Dengan pemeriksaan fisik dapat dinilai apakah benjolan tersebut berasal dari dalam (otot, lemak, kelenjar dll) atau berasal dari kulit. Dengan pemeriksaan fisisk dan pemeriksaan seperti tes darah, biopsi dll juga bisa dibedakan apakah benjolan itu menuju ke arah berbahaya / tidak. Cara menanggulangi benjolan tergantung dari jenis benjolan tersebut, jika benjolan merupakan pembengkakan KGB akibat infeksi maka penanganan infeksi yg tepat bisa mengurangi pembengkakan tersebut. namun jika penyebabnya adalah keloid maka pengobatan melalui obat oles/ injeksi dan pencegahan timbulnya keloid baru akan diperlukan.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi