Tanya Dokter

  • Benjolan di tulang belakang

  •  RivaiS
    Anggota
    Halo Dok,Saya Rivai,usia 24 tahun.Saya mau bertanya,kalau benjolan yang letaknya di tulang belakang itu disebabkan karena apa yah Dok?Letak benjolannya di ruas tulang punggung.Benjolan berukuran seperti kelereng dan sedikit lembek.Kalau ditekan,benjolan tersebut sedikit sakit.Kira kira apa penyebabnya yah Dok dan apa yang harus saya lakukan? Terimakasih.

    Halo Rivai,

    Benjolan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya;

    • benjolan akibat infeksi, misalnya abses (benjolan berisi nanah karena infeksi)
    • benjolan gibus (benjolan akibat infeksi kuman tuberkulosis), disebut juga TB tulang belakang: infeksi ini menyebabkan perubahan struktur tulang belakang sehingga orang sulit berjalan
    • benjolan akibat tumor

    Untuk mendiagnosis penyebab benjolan tersebut dibutuhkan pemeriksaan secara langsung, dokter perlu mengetahui riwayat penyakit Anda, memeriksa karakteristik benjolan (bentuk, ukuran, konsistensi, mobilitas). Kemudian ditentukan jika ada pemeriksaan yang perlu dilakukan, misalnya MRI, biopsi.

    Pengobatan disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagai contoh, benjolan akibat TB tulang belakang akan diobati dengan obat antibiotik selama kurun waktu tertentu dan operasi.

    Kunjungi dokter spesialis bedah untuk memastikan penyebab benjolan Anda sehingga dapat diobati dengan baik.

    Semoga menjawab pertanyaan Anda,

    dr.Mira