Tanya Dokter

  • Nyeri dan benjolan di tubuh samping

  •  Stefstef
    Anggota

    Saya merasa nyeri tiba2 pd rusuk kanan bawah, terutama badian sisi samping. Sakit terasa seperti nyeri memar jika tulang kering terbentur/terpukul. Nyeri muncul saat batuk atau dada mengembang atau jika ditekan dan bangun dari posisi tidur. Saya merasa seperti habis berkelahi dan terpukul pada posisi rusuk kanan tsb.

    Seminggu kemudian sakit mereda dan hampir tidak terasa. Namun krn tidak terlalu terasa sakit, saya jd bisa menekan2 rusuk dan menyadari kl rusuk kanan yg sakit tsb seperti bengkak ada benjolan. Benjolan tidak besar terasa agak keras, jd seperti benjolan pada jari jika dirasa.

    Kira2 pa penyebab nya ya dok? Dan hal ini apa perlu dikhawatirkan atau hal yg umum terjadi? Mohon bantuannya. thanks.

    Halo,   Benjolan pada tulang rusuk bukanlah hal yang normal terjadi. Benjolan yang Anda keluhkan mungkin disebabkan karena :

    1. trauma.
    2. Pembesaran KGB
    3. Tumor
    4. Kista
    5. Abses
    6. dll.
    Untuk memastikan benjolan tersebut maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter secara langsung. Dokter akan memeriksa benjolan yang Anda maksudkan dan melakukan tes medis seperti X-Ray, CT SCAN dll jika perlu. Dengan mengetahui penyebab benjolan tersebut maka penanganan yang sesuai bisa diberikan kepada Anda. Segera periksakan diri Anda untuk memastikan benjolan bukanlah hal yang akan menimbulkan komplikasi buruk di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi