Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan pada bagian ulu ati dan cara mengatasinya

  • Assalammu'alaikum selamat siang dok sayang ingin bertanya. Ibu saya saat ini berusia 41 tahun di ulu atinya ade benjolan agak besar jika di teken terasa sakit kemarin saya hanya membawanya ke puskesmas kata dokternya itu kelenjar. Saat ini ibu saya susah untuk di bawa ke dokter apa yang harus saya lakukan dok benjolan itu sudah ada sekitar 2bulanan saat ini ibu saya terlilah sangat susah bernafas sering batuk-batuk beliau sering makan mie bahkan hampir tiap hari apa itu penyebab utamanya dok ? Makanan yang harus di hindarinya apa saja dok ? Terima kasih atas waktunya terima kasih jika berkenan untuk menjawab .

    Hai Shinta, Benjolan di ulu hati dapat disebabkan oleh:

    Batuk merupakan kompensasi tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari tubuh baik itu lendir, debu atau asap. Batuk jangka pendek pada umumnya disebabkan oleh pilek, flu, sinusitis, dll. Batuk kronis atau jangka panjang (lebih dari 8 minggu) pada umumnya disebabkan oleh penyakit paru seperti tuberkulosis, pneumonia, dll. Semua batuk tersebut dapat disertai dengan sesak. Jika sesak yang dialami ibu anda sangat berat sebaiknya ana berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan dan dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Untuk memastikan semua keluhan ibu anda perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah, rontgen paru atau USG jika diperlukan. Anda dapat menyarankan ibu anda untuk melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Mengkonsumsi makanan dengan tinggi nutrisi dan gizi
    • Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bahan pengawet yang tinggi
    • Konsumsi air mineral minimal 2 liter dalam 1 hari
    • Lakukan olahraga ringan minimal 3 kali dalam 1 minggu selama 30 menit
    • Makan teratur
    • Hidnari stress
    • istirahat minimal 8 jam dalam 1 hari
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini; Batuk Benjolan di atas ulu hati Semoga membantu dr. Yosephine

    slmt pgi dok,saya mau nnya ini kok di bawah dada saya bgian tengah tepatnya ulu hati ada benjolan,kalo di tekan terasa sakit.dan sakitnya itu langsung menuju ke perut terutama bagian tengah dan bawah.yg saya rasain suka pusing,suhu badan kadang panas kadang dingin,lemes, perut saya itu rasanya berat dan membusung walaupun gak di isi makan ttep gede,trus saya nafasnya jga agak susah(sesak)dok,itu kenapa ya dok?? mksih