Tanya Dokter

  • Apakah benjolan di belakang leher anak saya berbahaya?

  • Sore,,dok,,sya punya ank umur 2 ,5tahun,,diblakang leher bawah tlinga sbelah knan trdpt benjolan,,wktu ketahuan kondisi anak sya sehat" sja,,sy prksa ke 2 dktr spec. Ank,jwbanx pembengkakan kelenjar getah bening,,sampai skrg bnjolan tu msh ada skitar 4 minggu,,pertma cek ke dokter smpat demam,sesak hidung dan ada radang tenggorokan sdkit selama 3 hari,,setelah it tdk ada demam atopun pilek,,makanx tmbah banyak,,mainx sperti bysa,aktif,,tdk berkringat dimlm hri ato pun sesak nfs,, Sya ingin tx,,apakh bnjolan tsb berbhaya ato tdk dan apa benar benjolan itu akan menghilang dlm wktu berbulan" ??

    Halo,   KGB (kelenjar getah bening) membengkak akibat respon tubuh terhadap infeksi atau peradangan, terkadang juga bisa membengkak akibat pengaruh penyakit auto imun atau kanker. Untuk memastikannya maka pemeriksaan yang seksama akan diperlukan. Pada anak anak terkadang pembengkakan KGB sering terjadi akibat hal hal yang sepele karena daya tahan tubuh pada anak anak yang belum berkembang sempurna. Jika kondisi anak Anda cukup sehat maka belum perlu ada yang dikhawatirkan namun tetap perhatikan dengan seksama ukuran dari benjolan tersebut. Jika bertambah kecil maka hal ini bukanlah hal yang mengkhawatirkan. Pembengkakan kelenjar getah bening yang terjadi pada anak Anda bisa disebabkan banyak faktor antara lain adalah :

    • Paska imunisasi / vaksinasi.
    • Pasca infeksi virus
    • Infeksi pada daerah sekitar KGB yang membengkak = infeksi gigi, THT, dll.
    • Kondisi Alergi
    • Penyakit auto imun.
    • Keganasan.
    • dll.
    Jika Anda khawatir Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak dan memeriksakan kondisi anak Anda lebih jauh. Beberapa tes medis mungkin dilakukan untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan Anda seperti tes darah, USG kelenjar, biopsi dll. Perhatikan dengan baik kondisi benjolan anak Anda, jika terdapat gejala seperti :
    1. Penurunan berat badan.
    2. Demam tinggi
    3. Membesar dengan cepat (dalam hitungan hari /minggu)
    4. Menimbulkan gangguan seperti susah menelan, susah menengok, sesak dll.
    maka segera hubungi dokter untuk pemeriksaan dan penanganan seksama.   Semoga membantu.   dr. Yusi