Tanya Dokter

  • Benjolan di payudara dan tidak terasa nyeri

  • Hallo dok,saya bella 20 thn skrg saya sedang bekerja menjadi tkw di singaputa. Saya mau tanya dok di dalam payudara kiri saya lebih tepatnya dibagian atas sampai kedekat belahan seperti ada benjolan besar tapi tidak bulat dan jika ditekan tidak terasa nyeri sedikit pun,kira2 itu apa ya dok? Yang saya takutkan itu kanker payudara tpi majikan saya bilang bukan karena pada bulan juli kemarin saya baru saja menjalani medical cek up rutin disini hanya saja dokternya sekedar mengambil sempel darah,majikan saya mengatakan jika ada kanker ditubuh saya pasti waktu itu terdeteksi melalui cek darah pada saat medical cek hp,apa itu benar dok? Mohon jawaban nya dok karna saya tidak tau harus bagaimana Trimakasih sebelumnya

    Halo Bella, terima kasih atas pertanyaannya. Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang penting pada wanita. Payudara merupakan bagian tubuh yang terdiri dari jaringan ikat, lemak dan kelenjar. Ukuran dan bentuk payudara berbeda-beda setiap orangnya namun pada dasarnya payudara disusun oleh 3 struktur tersebut. Seperti halnya bagian tubuh lain pada manusia, tumor juga dapat muncul pada payudara. Tumor atau benjolan pada payudara ini dapat bersifat jinak atau ganas. 

    Benjolan yang jinak biasanya akan muncul dengan tanda :

    • benjolan berbentuk padat dan dapat digerakkan
    • permukaan benjolan licin serta berbatas tegas
    • tidak membuat perubahan bentuk payudara
    • Sementara benjolan yang ganas biasanya bersifat :

      • bentuk tidak tegas dan permukaan berbenjol-benjol
      • benjolan tidak dapat digerakkan dan melekat pada payudara
      • menyebabkan perubahan bentuk payudara
      • seringkali menyebabkan keluarnya cairan dari puting

      Pemeriksaan benjolan atau tumor pada payudara biasanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan langsung dengan meraba benjolan tersebut. Pemeriksaan penunjang yang biasa dilakukan untuk melihat benjolan adalah dengan pemeriksaan mammografi (x-ray) atau dengan USG payudara. Sementara pemeriksaan darah tidak rutin dilakukan karena pada pemeriksaan darah yang rutin dilakukan tidak terdapat kelainan yang signifikan apabila terdapat tumor atau keganasan pada payudara. Pemeriksaan darah dapat menunjukan adanya tanda-tanda keganasan dengan melakukan pemeriksaan tumor marker dari kanker payudara dalam darah. Sebaiknya Anda menemui dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan guna menentukan sifat dari benjolan tersebut. 

      Semoga bermanfaat,

      dr. Anissa