Tanya Dokter

  • Penyebab timbul benjolan di gusi

  •  eky1919
    Anggota

    hallo dok, saya wanita berusia 20 thn. saya mengalami masalah digigi graham kiri saya yang berlubang (kondisi mahkota gigi sudah tidak ada) dimana di dalam lubang tersebut terdapat semacam gusi atau polip yang akan terasa sakit saat menjelang/sesudah siklus haid terjadi (biasanya 3-5 hari) kemudian di bagian gusi luar gigi graham yang berlubang terdapat semacam benjolan (tidak terlalu besar dan tidak sakit) yang terkadang jika dipencet berisi darah atau nanah. pertanyaannya apa tindakan yang saya harus lakukan? apakah ada cara lain selain mencabut gigi? apakah benjolan di gusi luar graham saya itu termasuk berbahaya?

    eky1919  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Eky,

    Kondisi gigi Anda sudah tidak ada mahkotanya sebaiknya memang diperiksakan ke dokter gigi terlebih dahulu. Gigi yang rusak dan berlubang bisa menyebabkan infeksi lebih mudah terjadi. Infeksi pada gigi bisa menyebabkan peradangan pada gusi yang selanjutnya bisa menjadi abses gusi maupun kista gusi. Abses gusi merupakan benjolan pada gusi yang berisi nanah sedangkan kista merupakan benjolan berisi cairan pada gusi.

    Selain karena abses dan kista gigi, benjolan pada gusi bisa disebabkan karena polip pulpa, polip ginggiva, hiperplasia ginggiva, dan tumor. Untuk memastikannya dibutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi.

    Apabila sering terdapat nanah dan nyeri pada gusi, saya sangat menyarankan agar Anda memeriksakan diri dulu ke dokter gigi supaya bisa dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab keluhan Anda ya. Selanjutnya dokter gigi bisa memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

    Penanganan yang diberikan juga akan disesuaikan dengan kondisi Anda bisa dengan pemberian obat antibiotik dan anti nyeri untuk mengatasi infeksi, perawatan saluran akar, pengangkatan jaringan gusi, penambalan gigi, dan pencabutan sisa akar gigi bila gigi sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Sebaiknya Anda mengikuti anjuran dari dokter gigi yang merawat ya.

    Sementara itu sebaiknya Anda juga menjaga oral hygiene dengan sikat gigi minimal 2x sehari saat pagi dan malam akan tidur, berkumur setelah makan, memakai dental floss, memakai pasta gigi yang mengandung flouride dan triclosan, serta kurangi makanan manis, lengket, dan bertepung ya.

    Berikut ini artikel dan diskusi yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Dokter gigi
    Benjolan pada gigi berlubang

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y