Tanya Dokter

  • Benjolan di kepala dan terasa sakit ketika disentuh

  •  prodianadea
    Anggota
    Dok saya mau bertanya, satu bulan yg lalu saya terjatuh dari motor kebelakang, dan kepala bagian belakang terbentur tembok, gak terlalu keras. Setelah 2 jam terasa sakit dan saya pegang ada benjolan kecil. Lalu saya beli obat penghilang rasa sakit dan sakitnya hilang. Lalu sekarang muncul lagi benjolan kecil bekas terbentur tembok itu, jika dipegang terasa sakit. Tidak pusing. Hanya sakit pada bagian itu saya. Tolong jawab bagaimana saya mengatasi ini . Terimakasih

    Halo prodianadea,

    benjolan yang timbul pasca benturan/cedera dapat menandakan suatu hematoma yang terbentuk akibat dinding pembuluh darah di bawah kulit (bukan dari dalam kepala) daerah yang mengalami cedera terluka sehingga darah merembes keluar dan berkumpul di antara jaringan di bawah kulit. Kerusakan pembuluh darah biasanya akan secara alami diperbaiki oleh tubuh dalam hitungan jam (kecuali bila anda memiliki kelainan darah tertentu), namun darah yang membentuk hematoma membutuhkan waktu untuk diserap kembali dengan sendirinya.  Benjolan juga dapat timbul akibat jaringan sekitar yang meradang, atau bisa juga merupakan suatu bisul/abses yang timbul pasca infeksi kulit yang mengalami luka terbuka (meskipun kecil).

    Untuk sementara beberapa cara yang dapat anda lakukan:

    • konsumsi obat nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. obat-obatan ini juga memiliki efek mengurangi peradangan
    • kompres dengan air suhu normal
    • hindari memencet benjolan
    • pantau perkembangan benjolan

    Namun, apabila setelah melakukan usaha di atas benjolan menetap, ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mencari tahu penyebab pasti melalui pemeriksaan yang lebih menyeluruh sehingga dapat memberikan penanganan yang sesuai. 

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira