Tanya Dokter

  • benjolan di leher yang mirip kelenjar getah bening

  • Malam dok.. Saya punya anak umur 1,5 thn.. Dileher anak saya ada benjolan lunak.. tepat'y di belajang bawah telinga.. Saat itu anak saya tidak pernah sakit demam.. Kebetulan saya punya teman bidan.. kata'y itu karena si anak suka berteriak ataupun karena batuk atau kecapekan.. kata'y juga nanti bisa hilang.. Apa itu benar dok.. Kalopun harus diperiksakan harus ke dokter specialis anak atau specialis organ dalam ya dok.. Terima kasih dok..

    Halo Bapak, Sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak, untuk diperiksa lebih teliti dan diketahui penyebab benjolan tersebut. Jika setelah pemeriksaan, dokter anak membutuhkan bantuan dokter bedah maka dokter anak akan merujuk ke dokter bedah. Benjolan di belakang bawah telinga mungkin berkaitan dengan batuk mungkin juga tidak, tetapi tentu tidak berhubungan dengan anak suka berteriak atau tidak. Beberapa penyakit dengan keluhan benjolan di belakang telinga:

    • kelenjar getah bening yang membengkak(limfadenitis), merupakan respons tubuh jika terdapat infeksi, penyakit autoimun atau keganasan. Dapat disertai infeksi di gigi, infeksi di telinga, flu, radang amandel(tonsilitis), radang tenggorokan(faringitis) atau infeksi di paru. Jika infeksi sembuh maka kelenjar getah bening akan mengempis.
    • kista yaitu rongga berisi cairan, misalnya higroma kistik akibat kelainan genetik, benjolan terasa lunak dan tidak sakit
    • Abses yaitu kumpulan nanah akibat infeksi, terasa nyeri dan muncul demam
    • kanker kelenjar getah bening(limfoma) dapat disertai penurunan berat badan, lemah
    Saat kontrol ke dokter, dokter akan menanyakan riwayat penyakit, melakukan pemeriksaan fisik termasuk benjolan dan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, USG, atau rujuk untuk biopsi jika diperlukan. Diskusi ini dapat membantu: Benjolan di bawah telinga anak Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar