Tanya Dokter

  • benjolan di sekitar leher bertambah banyak dan muncul di ketiak

  •  Annisa
    Anggota

    Siang dok. Saya wanita berumur 21 tahun. Beberapa bulan lalu, saya merasakan sakit dileher kanan disertai demam dan badan meriyang, saya kedokter katanya saya kelelahan, dikasih obat kmudian nyeri itu hilang. 1 bulan yg lalu leher kanan saya kmbali sakit, dan muncul 3 benjolan dileher kanan saya disertai demam. Sampai saat ini badan saya masih sering demam, bnjolan dileher masih ada namun mengecil, tapi muncul bnjolan2 lagi disekitar leher. Di kedua ketiaj saya juga ada benjolan besar. Saya sudah kedokter dan smpai skrg masih diberi antibiotik, minggu lalu dokter bilang saya akan dibiopsi namun ketika saya cek up kmbali, saya dikasih obat lagi sampai saat ini. Kira kira apakah yg saya alami termasuk kanker kelenjar getah bening dok ? Terimakasih.

    Hai,   Pada dasarnya sebuah benjolan memerlukan pemeriksaan secara langsung untuk mengidentifikasi apa benjolan tersebut, sebab tanpa pemeriksaan langsung akan sangat sulit untuk menilai karakteristik dari benjolan tersebut. Karakteristik benjolan yang biasa dinilai adalah :

    1. Lokasi
    2. Ukuran
    3. Batas tegas / tidak = jika batas suatu benjolan dengan jaringan sehat tidak normal maka kemungkinan benjolan tersebut menuju ke arah yang ganas.
    4. Melekat ke dasar / tidak = jika benjolan melekat ke dasar biasa menuju arah ganas
    5. Banyak
    6. Tanda radang seperti adakah nyeri, kemerahan, panas dll
    7. Konsistensi
    Untuk mendiagnosa kanker getah bening tidak bisa hanya dengan bertambahnya benjolan saja, dibutuhkan pemeriksaan yang lebih akurat seperti biopsi kelenjar, USG, CT SCAN dan MRI jika perlu. Saran saya Tanyakan dengan mendetil kepada dokter yang merawat Anda mengenai penyebab penyakit Anda, jika perlu carilah opini kedua dari dokter lain, jika dengan pengobatan yang telah berjalan selama sebulan namun penyakit tidak menghilang dan bahkan menambah luas ke daerah lain. Penyebab yang mungkin dari keluhan Anda adalah :
    1. Infeksi virus seperti CMV (citomegalovirus), Rubella, Measles
    2. Toxoplasmosis
    3. Mononukleosis infeksiosa
    4. Brucellosis
    5. Infeksi TBC
    6. Sistemic Lupus Eritematosus
    7. HIV AIDS
    8. kanker kelenjar getah bening
    9. Infeksi bakteri streptokokus
    10. Rematoid Artritis
    11. dll
    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda pemeriksaan yang menyeluruh sangat diperlukan. Pemeriksaan  yang diperlukan adalah Tes darah lengkap, Tes fungsi hati,<span style="line-height: 1.5;"> </span><span style="line-height: 1.5;">Biopsi benjolan, USG, CT SCAN, MRI jika perlu. Pemeriksaan diatas sangat disarankan apabila :</span>
    1. Pembesaran kelenjar menetap > 6 minggu
    2. Ukuran bertambah besar terutama jika ukuran > 2 cm
    3. Pembengkakan meluas ke daerah lain
    4. Disertai penurunan berat badan
    5. Disertai keringat malam
    6. Terdapat keluhan perut yang semakin besar dan keras.
    Penanganan akan disesuaikan dengan indikasi medis dari penyebab keluhan Anda. <span style="line-height: 1.5;"> </span> Semoga membantu.   dr. Yusi