Tanya Dokter

  • benjolan kaki yang tambah lebar

  •  Nur Roni
    Anggota

    selamat malam dok, sya mau tnya ibu saya pernah luka di telapak kaki gak terlalu lebar, terus di tempel hansaplas, ternyata lukanya tmbah lebar,g sembuh sembuh, akhrnya di bwa k dokter kulit, lukanya bisa kering sesaat,tp terus ada lagi, tmbah ada benjolan benjolan kecil yg kalau meletus,ada kayak nanah, dan cairn bening yg keluar, ada lagi dan ada lagi,rasanya itu gatel perih, kalau terkena panas gatelnya berasa banget,

    yg mau saya tnyakan ibu saya kira kira kena sakit apa dokter? jika konsultasi,harus ke dokter bagian apa,?

    terima kasih atas jwbannya,

    :(

    Hai, Kemungkinan keluhan yang dialami oleh Ibu Anda disebabkan oleh :

    • Heat rash yaitu lesi yang timbul akibat sumbatan kelenjar keringat oleh karena udara panas sehingga menimbulkan gambaran bentol menyerupai jerawat/lenting berair. Bila terinfeksi dapat timbul nanah/disertai gejala lainnya.
    • Tinea pedis/infeksi jamur
    • Dermatitis kontak yaitu akibat bersentuhan dengan bahan yang mengiritasi kulit
    dan lain-lain Namun tentu saja kemungkinan di atas harus dikonfirmasi dengan hasil pemeriksaan langsung terhadap luka/lesi yang ditimbulkan sehingga tidak mungkin untuk menegakkan suatu diagnosis hanya berdasarkan gejala yang ditimbulkan saja tanpa disertai dengan pemeriksaan fisik. Langkah yang Anda lakukan sudah tepat dengan memeriksakan Ibu Anda ke dokter spesialis kulit sehingga sebaiknya Ibu Anda kontrol kembali ke dokter spesialis kulit tersebut supaya dapat dilakukan evaluasi terhadap pengobatan yang sudah berjalan. Agar lebih jelas, Anda dapat menanyakan secara lengkap mengenai kondisi medis Ibu Anda kepada dokter spesialis kulit yang bersangkutan meliputi diagnosis dan rencana pengobatan terhadap Ibu Anda. Apabila Anda merasa kurang puas/cocok, Anda dapat memeriksakan Ibu Anda ke dokter spesialis kulit lain untuk mendapatkan opini kedua (second opinion) mengenai keluhan tersebut. Yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala tersebut adalah :
    • Hindari menggaruk telapak kaki yang terasa gatal
    • Kompres dingin untuk meredakan gatal
    • Mengenakan alas kaki yang nyaman dengan ukuran yang sesuai
    • Menjaga agar telapak kaki selalu kering dan bersih
    Berikut artikel yang membahas mengenai gatal secara menyeluruh : Gatal   Semoga bermanfaat, dr.Debby Phanggestu