Tanya Dokter

  • Benjolan kecil didalam saluran buah zakar

  • Ntah sejak kapan, tp pas saya lgi ngga ada kerjaan ntah kenapa bisa maenan buah zakar sendiri... Nah waktu menyusuri salurannya ntah apa namamya itu ya dok... Saya nemuin kayak bola kecil gitu pas diteken itu rasanya sakit dan ngga nyaman, detemuinnya baru tadi sih dok... Tolong penjelasannya... Terimakasih... NB panggil saja alief
    Someone who want ask  dr. Danny
    Dokter

    Hai alief.

    penyakit pada buah zakar dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. dari keadaan yang anda alami, terdapatnya benjolan pada bagian dalam buah zakar seperti bola mungkin dapat disebabkan karena suatu varikokel.

    varikokel merupakan suatu pelebaran pembuluh darah pada daerah buah zakar. Penyakit ini mirip dengan varices yang terjadi pada kaki. Benjolan tersebut pada umumnya berkembang secara bertahap, mulai dari terbentuknya benjolan kecil hingga menjadi besar seperti mie. 

    Pada umumnya varikokel tidak menimbulkan gejala, tetapi pada beberapa keadaan varikokel dapat membuat rasa tidak nyaman dan nyeri pada daerah testis. Selain itu, yang ditakutkan varikokel dapat membuat kualitas sperma menurun dan dapat terjadi penyusutan testis. Penyebab pasti dari varikokel sendiri belum diketahui secara pasti, selain itu varikokel lebih sering terjadi pada sisi kiri.

    tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seprti:

    • pembesaran kelenjar getah bening
    • hernia skrotalis/ masuknya bagian usus ke dalam skrotum
    • kista
    • tumor

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan anda maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis urologi, sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksan tambahan seperti peemriksaan darah, atau USG jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok karena dapat merusak pembuluh darah. Jangan mengangkat beban yang terlalu berat, dan konsumsi cukup sayur. Jangan mengedan berlebihan

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Varikokel

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr.danny