Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan kecil dekat puting dada pria

  •  Husein
    Anggota

    Halo dok, saya pria umur 24 tahun, tinggi 162 dan berat badan 49kg. saya tidak pernah merokok, tidak pernah minum alkohol dan sangat jarang makan junkfood atau minuman energi.

    dua hari yang lalu saya tidur larut malam dan hanya 3 jam, dengan kondisi tidur baju saya terbuka. saat saya bangun badan saya dingin dan lemas dan hidung mampet, setelah saya konsumsi obat pilek 3x langsung sembuh.

    tetapi pagi ini saat saya mandi, saya menemukan ada benjolan kecil dekat puting dada saya, bila ditekan agak sedikit sakit. saya lihat ukurannya kecil seperti jerawat wajah, dan di ketiak saya ada rasa sedikit sakit kalau dipegang, seperti ada benjolan kecil. tidak berwarna dan tidak ada yang aneh seperti benjolan biasa saat jerawat atau digigit serangga.

    apa itu kanker dok ? karena saat saya searching di google gejala itu dikaitkan dengan kanker.

    untuk info tambahan dok, kalau ketiak yang sakit ini memang sejak saya umur 8 tahun terkadang saya alami, malah pernah lebih sakit dari ini. tetapi biasanya hilang sendiri dalam beberapa hari, sekarang umur saya 24.

    kejadian ini baru saya alami pagi ini dok.

    terima kasih dokter, semoga dokter selalu diberi kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan...

    Halo Husein, Saya memahami kekhawatiran Anda. Pada dasarnya, kanker tidak terjadi secara tiba-tiba. Pada kanker, sel-sel tubuh mengalami pertumbuhan dan perkembangbiakan secara tidak terkendali. Demikian pula pada kanker payudara. Indikasi pertama kanker payudara adalah benjolan atau kulit yang menebal pada payudaram, disertai keluarnya cairan darai puting (biasanya disertai darah). Selain itu, penderita akan mengalami perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, perubahan bentuk puting, serta kulit payudara yang mengerut. Tidak jarang ditemukan benjolan dan pembengkakan pada ketiak. Sekitar 9 dari 10 benjolan di sekitar payudara, bukan disebabkan oleh kanker. Berikut beberapa penyebab benjolan payudara :

    • infeksi bakteri, misalnya folikulitis yang meyerupai jerawat, bisul, ataupun abses
    • tumor jaringan lemak atau lipoma
    • penebalan kulit atau skin tag
    • gigitan serangga
    • dan lain-lain
    Infeksi bakteri di sekitar payudara akan menyebabkan rasa tidak nyaman di ketiak karena kelenjar getah bening yang bertanggung jawab untuk area payudara ada di ketiak. Folikulitis yang ringan tidak membutuhkan penanganan khusus dan akan menghilang dalam 7-10 hari. Namun pada folikulitis yang parah, tidak kunjung sembuh, atau kambuhan biasanya akan ditangani dengan obat oles atau obat minum. Untuk memastikan penyebabnya, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan karakteristik lesi dan memberikan penanganan yang tepat untuk Anda. Demikian, semoga membantu ya dr. Lili