Tanya Dokter

  • benjolan kecil di leher sebelah kanan

  • Selamat malam dok. Dileher sebelah kanan saya ada benjolan kecil dari semenjak saya kecil. Pernah dulu terasa sakit dan bengkak sebesar kelereng. Tapi hanya berapa hari dan kempes lagi seperti semula. Sampai sekarang tidak sakit lagi tapi masih tetap ada benjolan nya. Kalo ditekan tidak sakit.tp bisa gerakkan mengikuti jari ketika disentuh. Itu kenapa ya dok? Mohon penjelasan nya.

    Dear Fitri, Benjolan di leher dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang ringan hingga penyakit serius. Berikut kemungkinan penyebabnya:

    Kista dapat membengkak dan meradang karena iritasi oleh kerah baju atau infeksi tertentu dan dapat kembali ke ukuran semula jika infeksi telah teratasi oleh daya tahan tubuh atau dengan obat. Kista yang tidak menimbulkan gejala apa pun biasanya tidak memerlukan terapi, kecuali karena alasan kosmetis. Konsultasikan dengan dokter agar dapat dianalisis riwayat gejala dan dilakukan pemeriksaan fisik yang diperlukan, mulai dari bentuk, ukuran, warna, nyeri, konsistensi, mudah digerakkan atau tidak, dsb. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan biopsi benjolan mungkin akan dianjurkan dokter. Diagnosis dan terapi akan dokter berikan. Berikut anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • jangan memencet atau mengurut benjolan yang timbul
    • konsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk mempertahankan daya tahan tubuh terhadap infeksi
    • usahakan beristirahat dengan berkualitas
    • kelola stres secara bijak
    Berikut artikel yang bisa Anda baca: Benjolan di leher bisa jadi tanda penyakit serius Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya