Tanya Dokter

  • Benjolan pada bawah lidah

  • Selamat malah dok, saya tina 22th. Sekitar 2minggu yang lalu saya sempat bertanya di alodokter mengenai benjolan pada bawah lidah apakah berpotensi kanker mulut. Jawaban yang saya terima yaitu semacam cidera pada mulut, dan ciri ciri kanker mulut. Untuk lebih jelas alodokter menyarankan saya untuk periksa ke dokter. Setelah saya periksa dokter, resultnya benjolan pada lidah saya termasuk tumor jinak dan tidak berbahaya. Apakah benar tumor jinak itu tidak berbahaya. Terimakasih banyak dok :)

    Halo, Tumor jinak disebut tidak berbahaya karena tidak berpotensi menyebar ke bagian tubuh lain. Definisi tumor adalah pertumbuhan jaringan baru di dalam tubuh akibat berbagai macam faktor. Umumnya setiap benjolan di tubuh disebut dengan tumor. Tumor dibedakan lagi menjadi 2, yaitu:

    • Tumor jinak, pertumbuhannya setempat dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga tidak berbahaya. Pada area tertentu, seperti otak, tumor jinak dapat membahayakan karena mengganggu fungsi tubuh akibat penekanan saraf-saraf otak yang berperan dalam fungsi tubuh tertentu, misalnya penglihatan menjadi terganggu akibat penekanan saraf optik oleh tumor. Sebaliknya jika ada tumor jinak di kulit, misalnya lipoma maka pengangkatan tumor tidak wajib dilakukan segera karena tidak mengganggu. Tumor jinak dapat diangkat maupun dibiarkan, bergantung pada jenis, ukuran, lokasi dan pengaruh tumor terhadap tubuh.
    • Tumor ganas disebut juga dengan kanker, terjadi akibat pertumbuhan sel-sel tubuh yang tidak terkendali sehingga menjadi ganas dan dapat menyebar. Terapi yang dibutuhkan adalah pengangkatan benjolan disertai kemoterapi maupun radioterapi.
    Pada umumnya setiap benjolan akan didiagnosis sebagai tumor, kemudian setelah dilakukan wawancara mengenai pertumbuhan benjolan, pemeriksaan benjolan dan dilakukan pemeriksaan penunjang(biopsi) maka tumor dapat didiagnosis sebagai tumor jinak atau tumor ganas(kanker). Mengenai tumor di lidah Anda jika termasuk tumor jinak Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda mengenai langkah penanganan yang terbaik. Artikel ini dapat membantu: Tumor Semoga bermanfaat ya, dr.Miranti Iskandar