Tanya Dokter

  • Benjolan pada bibir vagina

  •  Via wahyu
    Anggota
    Selamat malam dok. Saya mau tanya 2 hari ini bibir vagina saya muncul bencolan kecil. Rasany agak gajal. Kalo di sentuh sakit donk. Knpa ya dok? Adakah pnanganan alternatif tanpa harus ke dokter soalnya saya malu dok dan takut kalau harus priksa ke dokter.

    Halo Via, terima kasih atas pertanyaannya. Benjolan pada area kewanitaan pasti akan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Benjolan pada area vagina bisa disebabkan kelainan kulit sekitar vagina atau diakibatkan kelainan pada vagina itu sendiri. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi :

    Benjolan pada bibir vagina dan terasa nyeri paling sering diakibatkan oleh folikulitis. Folikulitis merupakan suatu radang kantung rambut pada lapisan kulit. Folikulitis biasanya terjadi pada seseorang yang sering melakukan pencukuran di area kewanitaan. Setiap kulit yang memiliki rambut memiliki kantung-kantung rambut tempat rambut tumbuh. Pada saat seseorang sering mencukur rambut tersebut, cenderung akan merangsang pertumbuhan rambut ke arah dalam atau ke arah kantung rambut sehingga menyebabkan peradangan. Folikulitis biasanya menyebabkan terjadi benjolan kemerahan dengan nanah pada tengah benjolan, mirip seperti jerawat. FOlikulitis ringan pada umumnya tidak memerlukan penanganan tertentu dan akan membaik dengan sendirinya. Anda cukup menjaga kebersihan kulit area kewanitaan. Namun folikulitis yang menetap atau memberat sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk diberikan pengobatan-pengobatan untuk mengatasi peradangan serta kemungkinan infeksi yang terjadi. 

    Apabila benjolan menetap atau dirasa membesar, patut dipikirkan penyebab lain selain folikulitis. Benjolan dengan rasa nyeri pada bibir vagina juga sering disebabkan adanya peradangan kelenjar bartolin. Kelenjar ini berada pada bibir vagina kanan dan kiri. Peradangan pada kelenjar bartolin biasanya menimbulkan nyeri yang cukup hebat. Segera temui dokter terdekat apabila ini terjadi. 

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa