Tanya Dokter

  • Benjolan pada daun telinga

  • Permisi, mau bertanya sekitar hampir setahun yang lalu saya mendapati adanya 2 benjolan seperti bola kecil pada daun telinga kanan, saya tekan sedikit terasa sakit kalau dibiarkan tidak sakit. Berbulan-bulan kemudian saya diamkan saja benjolan ini dan benjolan tersebut hilang dengan sendirinya, setelah itu bulan kemudian, muncul kembali 1 benjolan tetapi di telinga kiri. Tang saya ingin tanyakan :

    1. Apakah ini sebuah penyakit? 2. Jika iya, apa nama penyakitnya? Tapi kenapa bisa hilang dengan sendirinya? 3. Apakah ada obatnya dan apa penyebab benjolan ini muncul dan hilang dengan sendirinya?

    Terima kasih!

    Halo, Penyebab benjolan yang hilang timbul biasanya adalah karena terbentuknya kista. Kista adalah sebuah kantung yang terbentuk di tubuh dan berisi cairan. Kantung dalam kista dapat pecah sewaktu-waktu dan menyebabkan cairan keluar dan diserap kembali oleh tubuh. Kista juga dapat muncul di bagian tubuh yang berberda. Penyebab kista sampai saat ini belum diketahui jelas. Sehingga pengobatan pasti terhadap kista pun tidak ada kecuali dengan sebuah tindakan pengangkatan melalui operasi kecil. Kista biasanya adalah sesuatu yang jinak dan tidak berbahaya. Indikasi pengangkatan kista biasanya hanya untuk kosmetika saja. Jenis kista pada kulit bermacam-macam seperti kista epidermal, kista sebasea, atau kista aterom. Penyebab lain yang dapat menimbulkan kondisi ini diantaranya abses, folikulits, dan jerawat. Untuk mengetahui penyebab pasti dari kondisi ini sebaiknya Anda memeriksakannya ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lengkap. Jika Anda memutuskan melakukan tindakan operasi, bagian benjolan yang diangkat juga dapat diperiksa di laboratorium untuk mengetahui sel apa yang membentuk benjolan tersebut. Semoga membantu, terimakasih