Tanya Dokter

  • Benjolan pada kepala

  • Dok saya ingin bertanya, saya punya benjolan pada kepala,awalnya ada bagian kepala saya yang bernanah dan pinggirannya merah sangat terasa gatal,tapi tidak terlalu besar dan tidak ada benjolan,sudah 4 hari,terus tumbuh benjolan tapi tidak terlalu besar dibagian bawah kepala yg bernanah,terasa sakit jika benjolannya ditekan ,terus sehari kemudian tumbuh lagi benjolan tp kecil,saya ingin tahu ini apa,dan gimana cara menyembuhkannya saya sangat risih,mau periksa saya tidak punya biaya,saya orang kurang mampu dok,gimana cara menyembukannya secara alami saja

    Hai Khairii,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Benjolan yang muncul di kulit kepala yang bernanah kemungkinan disebabkan oleh infeksi bakteri. Infeksi ini bisa muncul secara sekunder pada peradangan kulit sebelumnya yang tidak ditangani dengan adekuat, misalnya akibat infeksi jamur, infeksi virus, dermatitis sekunder, luka lecet, dermatitis seborrhoeic, dan sebagainya. Benjolan akibat infeksi bakteri ini bisa terasa nyeri, kemerahan, dan terasa hangat serta lunak saat dipegang. Ukuran benjolan yang muncul bisa bervariasi, ada yang kecil (misalnya bisul, folikulitis), ada juga yang besar (misalnya abses).

    Di samping akibat infeksi bakteri, benjolan yang Anda alami mungkin juga terjadi karena sebab lain, misalnya tumor, seperti kista sebasea, kista dermoid, sarkoma, dan sebagainya.

    Kami tidak bisa memastikan mana persisnya penyebab benjolan yang Anda alami saat ini tanpa melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Karena, berbagai penyakit bisa memiliki penampakan klinis yang hampir serupa padahal penyebab dan pengobatannya berbeda. Karenanya, kami tetap menyarankan Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Setelah diagnosis ditegakkan, penanganan bisa diberikan dengan obat-obatan topikal (misalnya salep), obat minum, atau eksisi benjolan. Selain itu, jika diperlukan, dokter pun dapat melakukan pemeriksaan biopsi untuk menilai ada atau tidaknya indikasi ke arah keganasan. Apabila Anda memiliki kendala terkait biaya, Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan seperti BPJS atau berkunjung ke fasilitas kesehatan milik pemerintah untuk biaya yang lebih terjangkau.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya Anda tidak memencet, mencungkil, atau mengoleskan apapun ke benjolan yang muncul tanpa sepengetahuan dokter, terlebih menggunakan tangan kotor. Jaga selalu kebersihan diri Anda dengan mandi dan cuci rambut secara teratur menggunakan shampo yang cocok dengan tipe kulit dan rambut Anda. Hindari bertukar tutup kepala dengan orang lain.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah