Tanya Dokter

  • benjolan pada leher

  • Malam Dok. Saya novi umur 24 th. Pada leher saya terdapat benjolan sebelah kiri bawah. Sudah kurang lebih 1 th. Awalnya 1 terkadang sakit terkadang tidak. 2 bulan yang lalu saya periksakan ke dokter. Di test di laboratorium patologi anatomi hasilnya: di dptkan sebaran sel limfoid berbagai populasi banyak sel limfosit kecil. Serta beberapa sel makrofag. Tdk di temukan sel yg menunjukkan tanda tbc maupun keganasan. Setelah d kasih obat oleh dokter nya. Kok tetep benjolan ini gak hilang. Malah saya rasakan seperti ada yg baru tumbuh di sebelah nya 2 kecil gitu benjolanya dok. Yg benjolan prtama itu saya rasakan panjang sekitar 5 cm dok.

    Yg saya tanyakan bahayakah benjolan ini dok? Dan kenapa sepertinya benjolanya bertambah/ beranak. Penyakit jenis apakah ini dok? Apa kalau di biarkan berbahaya? Terus obatnya klau ada apa dok yg gak usah oprasi. Untuk menghilangkan benjolan ini. Soalnya yg kemarin aq periksa itu 3 macam aq nebusnya cuma 20rb. Mungkin ada obat yg agak mahal dikit bisa menyembuhkan dok.

    Sekian dok terimakasih. Saya tunggu jawabanya.

    Halo, Berdasarkan deskripsi yang kamu sebutkan, maka benjolan yang kamu alami adalah akibat pembesaran kelenjar getah bening. Sebelumnya harus kita ketahui terlebih dahulu, kelenjar getah bening merupakan suatu organ di dalam tubuh yang terisi oleh banyak sel darah putih dan makrofag. Di saat tubuh mengalami infeksi, maka kelenjar getah beninglah yang bereaksi pertama kali. Kelenjar getah bening akan membesar jika terdapat infeksi di kelenjar atau sekitar kelenjar getah bening. Harus dicari tahu terlebih dahulu di manakah fokus infeksi berasal. Sehingga pengobatannya pun akan sesuai. Kelenjar getah bening di leher dapat membesar jika terdapat infeksi pada :

    • Telinga
    • Gigi
    • Tenggorokan
    • Hidung
    • Dll
    Sangat disarankan untuk kembali menemui dokter yang memeriksa kamu untuk dilakukan pemeriksaan secara lebih lanjut. Diskusikan dengan dokter kamu mengenai keluhan yang kamu alami dan pilihan terapi atau pengobatan yang dapat diberikan. Karena yang paling mengetahui mengenai riwayat dan kondisi kamu adalah dokter yang memeriksa secara langsung. Tanpa melihat dan melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap pasien, seorang dokter tidak dapat memberikan resep obat apapun. Karena tanpa melihat secara langsung kondisi pasien rentan terjadi overdiagnosed dan overtreatment. Semoga membantu, dr. Tri

    Silahkan baca topik berikut yang memiliki keluhan serupa dengan Anda Benjolan di dagu