Tanya Dokter

  • Benjolan yang timbul dan hilang pada leher

  • Malam dok... saya mengalami benjolan dibagian bawah rahang, tepatnya di arah bawah amandel. Ada benjolan juga di bagian samping leher .. terkadang timbul dan hilang dengan sendirinya.. apakah yang saya alami ini termasuk kelenjar getah bening?,apakah berbahaya? dan apakah dpt sembuh total ? bagaimana caranya? Sekian dok yg dapat saya tanyakan. Terima kasih..

    Halo Elda, Mungkin saja yang Elda alami memang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Tetapi benjolan di leher juga dapat disebabkan oleh hal lain seperti :

    • Kista
    • Lipoma
    • Jerawat kistik
    • Pembesaran kelenjar tiroid
    • Dll
    Pembesaran kelenjar getah bening seringkali disebabkan karena adanya infeksi, penyakit autoimun, atau keganasan. Jika penyebabnya sudah teratasi, maka kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Silahkan Elda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah penyebab benjolan yang terdapat di leher Elda. Penyebab yang berbeda akan membutuhkan penanganan dan memberikan prognosis atau angka kesembuhan yang berbeda pula. Semoga membantu, dr. Tri

    Elda Istikomah  Elda Istikomah
    Anggota

    Siang dok terima kasih dok.. saya mau bertanya lagi.. Bagaimana jika sudah sembuh, apakah benjolan itu akan muncul lagi? Soalnya Saya sudah pernah minum obat kemudian benjolan itu hilang sendiri lalu muncul lagi? Sekian yang dapat saya tanyakan Terima kasih..

    Halo Elda, Jika penyebab benjolan merupakan akibat pembesaran kelenjar getah bening, maka di saat tubuh terkena infeksi atau kelelahan, maka benjolan akan muncul kembali. Salam, dr. Tri

    Elda Istikomah  Elda Istikomah
    Anggota

    Terima kasih dok atas saran dan penjelasannya