Tanya Dokter

  • Benjolan pada leher seperti jakun

  •  Rita K. Djung
    Anggota
    Halo Dokter, Saya memiliki benjolan yang mirip jakun persis dibawah jakun. Jika dipegang terasa seperti tulang karena padat dan agak lancip kedepan. Jadi seperti ada dua jakun atas dan bawah. Setiap kali saya menyanyi atau berbicara dengan suara lantang, bagian tersebut menjadi nyeri dan susah berbicara karena suara seperti tertahan. Apakah benjolan tersebut adalah penyakit? Jika iya, apakah berbahaya dan jika tidak, apakah boleh dibiarkan? Terima kasih sebelumnya.
    Rita K. Djung  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Rita, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Benjolan pada bagian leher yang Anda maksud dapat saja merupakan kondisi normal ataupun suatu yang tidak normal. Hal ini normal dapat dialami jika yang Anda maksud adalah benjolan berupa tulang hyoid, kartilago cricoid dan kartilago thyroid-- umumnya lebih mudah teraba pada orang yang lebih kurus (sedikit lapisan lemak sehingga lebih mudah teraba) atau memang bentuk tulang yang lebih besar dan lancip sehingga lebih mudah teraba (variasi individu).

       

    Namun benjolan tersebut dapat pula suatu yang abnormal seperti : pembesaran dari kelenjar tiroid, lipoma, limfoma, abses, tumor, dan sebagainya. Untuk memastikan hal ini perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung. Mengenai nyeri setelah berteriak atau bernyanyi dapat disebabkan karena gangguan pada pita suara / peradangan pada pita suara sehingga menimbulkan sakit bahkan hingga suara berubah / hilang -- namun kondisi ini umumnya akan membaik seiring berjalannya waktu. Kami tidak dapat memastikan ini berbahaya atau tidak -- kami sarankan Anda untuk menemui dokter, agar dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut pada kondisi Anda saat ini. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo