Tanya Dokter

  • Benjolan pada lidah

  •  anonymous
    Anggota

    malam dok, ini pertanyaan ketiga saya.

    orang tua saya, tepatnya mama. beliau mempunyai benjolan di lidahnya, yang tidak ada menimbulkan rasa sakit. benjolan tersebut muncul setelah terjadi entukkan/gigitan pada lidah secara tidak sengaja, lama kelamaan muncul benjolan tersebut. walau pertumbuhannya tidak signifikan dan cepat, tapi ukurannya sudah lebih besar dari yang awal. sekarang sudah sebesar kira-kira seperti (kacang pilus).

    kami belum ada memeriksakannya kedokter manapun, dok. karena mama merasa takut akan diagnosa nantinya. tapi saya penasaran akan itu. apakah itu berbahaya atau tidak. semoga dokter bisa membantu, terimakasih..

    #tetap semangat dokter....

    Selamat Malam, Benjolan pada lidah dapat disebabkan oleh berbagai hal di antaranya :

    • Trauma (tidak sengaja tergigit)
    • Pembesaran papil lidah (dapat dicetuskan oleh iritasi atau peradangan pada papil lidah sehingga terbentuk benjolan)
    • Iritasi yang disebabkan oleh kebiasaan merokok
    • Papilloma Squamosa (tumor yang berkaitan dengan human papilloma virus)
    • Kista lymphoepithelial (benjolan berisi cairan)
    • dan lain sebagainya
    Jika memang disebabkan oleh karena trauma akibat tergigit secara tidak sengaja maka akan mengempis secara perlahan seiring dengan proses penyembuhan jaringan yang terkena. Namun apabila benjolan lidah tersebut semakin membesar dan tak kunjung membaik maka langkah paling tepat adalah dengan memeriksakan kondisi Ibu Anda ke dokter agar dapat dilihat secara langsung benjolan lidah yang dimaksudkan dan dapat diberikan penanganan medis lebih lanjut sebab untuk dapat menegakkan diagnosis terhadap kondisi Ibu Anda atau mengetahui apakah berbahaya atau tidaknya benjolan tersebut tetap dibutuhkan prosedur medis berupa pemeriksaan rongga mulut untuk menganalisis penyebab benjolan yang dimaksud.   Salam, dr.Debby Phanggestu

    anonymous  anonymous
    Anggota

    penyebabnya karena tergigit dok, hanya saja pembesarannya tidak terlalu keliatan. hanya saja dari awal tergigit belum ada pengecilan atau pengempisan. sudah hampir 6bulan berlalu.. terimakasih dokter.