Tanya Dokter

  • payudara besar sebelah disertai benjolan keras

  • sore dok

    saya mau tanya

    payudara kiri saya sedikit lebih besar daripada payudara kanan

    dan saya raba seperti ada benjolan didalamnya, saya raba benjolan itu keras hingga ke puting. benjolah tersebut tidak sakit hanya saja jika terbentur misalkan jika saya dibonceng naik motor dan terkena punggung pengemudi itu terasa sakit tapi tidak terasa sakit. tidak dengan yang kanan, tidak ada benjolan apapun disebelah kanan

    dan masa haid saya pun tidak teratur

    itu kenapa ya dok? mohon infonya

    saya takut terkena kanker payudara atau penyakit lainnya

    terima kasih

    Halo Elis,

    Benjolan di payudara adalah kondisi yang dapat disebabkan beberapa hal dan tidak selalu merupakan tanda kanker payudara. Kemungkinan penyebab benjolan yang Anda alami adalah akibat fibroadenoma. Fibroadenoma adalah benjolan padat yang disebabkan pertumbuhan abnormal kelenjar penghasil air susu. Ukuran fibroadenoma yang besar dapat merubah bentuk payudara sehingga menjadi tidak simetris dan kadang dapat menimbulkan rasa sakit. Biasanya ditemukan pada wanita usia 20-30 tahun dan disebabkan gangguan hormon kandungan.

    Beberapa hal lain yang juga dapat menyebabkan benjoan payudara, antara lain:

    Perubahan fibrokistik yang merupakan perubahan pada payudara akibat ketidakstabilan hormon saat menstruasi. Perubahan menyebabkan terasa adanya benjolan pada payudara yang terasa sakit, tetapi biasanya akan membaik ketika menstruasi berakhir.

    Kista berupa benjolan yang berisi cairan kista.

    Infeksi bakteri biasanya disertai tanda-tanda peradangan seperti benjolan berwarna kemerahan, teraba panas dan terasa sakit.

    Kanker payudara biasanya berupa benjolan pada payudara yang tidak terasa sakit, pada stadium lanjut dapat menyebabkan perubahan pada kulit dan atau puting payudara.

    Untuk memastikan penyebab benjolan yang Anda rasakan, sebaiknya Anda memeriksakan diri kedokter. Apalagi jika benjolan dirasa semakin membesar. Dokter mungkin akan menenyakan beberapa informasi terkait keluhan serta melakukan pemeriksaan fisik untuk mengidentifikasi karakteristik benjolan. Jika dirasa perlu, dokter mungkin akan menyarankan dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti pemeriksaan labolatorium darah lengkap untuk mendeteksi kemungkinan adanya infeksi, pemeriksaan mamogram jaringan payudara, atau biopsi jaringan untuk mengidentifikasi jenis benjolan.

    Penanganan akan berbeda-beda tergantung dari penyebab benjolan. Pada fibroadenoma yang sudah menimbulkan gejala dan rasa tidak nyaman, dokter mungkin akan menyerankan tindakan pengangkatan benjolan dengan beberapa metode, seperti Lumpektomy dan Cryoblastion.

    Informasi tambahan dapat Anda akses

    Waspadai benjolan pada payudara

    Benjolan payudara belum tentu kanker

    Semoga dapat membantu.