Tanya Dokter

  • Benjolan pada payudara

  •  Novia Ika
    Anggota
    dok,saya perempuan umur 20 tahun. saya mau tanya, saya memiliki benjolan pada payudara kiri, saat saya raba kira2 ukurannya 3cm. benjolan ini sudah ada sejak saya kelas 1 sma dan tidak berubah, tp makin terasa. saya juga merasa sekitar ketiak saya bengkak tp tidak ada benjolan. dan saya merasa puting kiri lebih kecil dibandingkan puting kanan saya, apakah ini kanker payudara?

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Benjolan payudara merupakan keluhan yang umum dialami oleh wanita, dan dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab dari yang ringan hingga yang berat. 

    Benjolan yang timbul di payudara dapat disebabkan oleh beberapa kondisi berikut :

    -Tumor jinak : benjolan teraba kenyal, dapat digerakkan, umumnya membesar dan terasa nyeri mengikuti siklus menstruasi. Ukuran benjolan umumnya menetap dari waktu ke waktu. ---Fibroadenoma mamae (FAM)

     

    -Keganasan : 

    Perlu waspada tanda keganasan pada payudara yaitu :

    ---Benjolan keras dan sulit digerakkan pada perabaan

    ---Benjolan terasa nyeri

    ---Puting payudara tertarik ke dalam

    ---Keluar cairan dari puting payudara (susu atau darah)

    ---Kulit disekitar payudara menjadi berkerut dan tampak seperti kulit jeruk

     

    -Kista yaitu kantung berisi cairan

     

    -Infeksi pada ibu yang sedang menyusui

     

     

    Agar dapat memastikan penyebab benjolan tersebut anda harus memeriksakan diri anda ke dokter spesialis bedah. Dokter akan melakukan wawancara langsung, pemeriksaan payudara dan kelenjar getah bening yang ada di sekitar payudara.

    Dibutuhkan juga pemeriksaan tambahan seperti USG payudara (pada wanita yang belum pernah hamil/menyusui), mammografi (pada wanita yang sudah pernah hamil/menyusui) ,pemeriksaan darah untuk melihat penanda keganasan hingga pemeriksaan jaringan benjolan untuk menetukan ganas atau tidaknya benjolan tersebut.

    Apabila melalui pemeriksaan dicurgai merupakan suatu keganasan, dokter akan menyarankan adan untuk operasi, terapi obat obatan (Kemoterapi) dan terapi sinar (Radioterapi)

    Pasien dengan keganasan yang dideteksi dan diterapi sejak stadium awal memiliki angka harapan hidup lebih tinggi dibanding stadium lanjut.

     

    Faktor resiko timbulnya benjolan di payudara yakni siklus hormon yang tidak stabil, gaya hidup yang tidak sehat (konsumsi junkfood, jarang berolahraga, kurang istirahat) dan juga faktor genetik. Seseorang dengan riwayat keluarga yang menderita tumor atau keganasan cenderung lebih rentan mengalami hal tersebut dibanding dengan seseorang yang tidak memiliki riwayat.

     

    Beberapa anjuran untuk anda lakukan : 

    -Hindari meraba atau menekan-nekan benjolan

    -Isirahat yang cukup dan meminimalisir stres

    -Makan sehat dan bergizi, perbanyak sayur dan buah

    -Berolahraga rutin

    -Untuk setiap wanita usia produktif, disarankan untuk melakukan pemeriksaan SADARI atau PERIKSA PAYUDARA SENDIRI 

     

    Berikut artikel terkait Benjolan dan tumor payudara belum tentu kanker 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia