Tanya Dokter

  • benjolan pada vagina dan masalah keputihan

  • assalammualaikum dok, dulu saya sering keputihan dan akhirnya saya menggunakan sabun pembersih vagina, tp gatal tdk hilang. akhirnya saya menggunakan setiap hari. dan gatalnya pun hilang dok, tp skrang tumbuh benjolan didalam vagina dok. benjolannya tdk terlihat dri luar, dan skarang keputihan saya jg menggumpal dan mengeluarkan bau yg amis dok. saya sakit apa ya dok,,?? apa ini penyakit berbahaya,,??

    Mursyidah Rahmawati  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Mursyidah, Penggunaan pembersih kewanitaan tidak boleh digunakan terlalu sering apalagi sampai setiap hari. Seharusnya area kewanitaan cukup dibersihkan dengan dibasuh air hangat tanpa menggunakan produk perawatan apapun. Mengapa? karena jika terlalu sering, maka akan mengganggu keseimbangan flora / mikroorganisme normal di vagina sehingga salah satu (baik bakteri ataupun jamur) tumbuh berlebihan. Gejala yang anda rasakan, keputihan menggumpal, mungkin bewarna kelabu?, dan berbau amis cocok dan sangat mengarah pada keputihan akibat bakteri gardnella yang dikenal dengan nama BV / bakterial vaginosis, terjadi karena ketidakseimbangan flora normal vagina yang sangat mungkin akibat penggunaan cairan pembersih terlalu sering. Akan tetapi, pada keputihan, terdapat beberapa kemungkikan penyebab lain serta seringkali terdapat ko / dual infeksi (lebih dari 1 jenis, misalnya karena bakteri sekaligus jamur). berikut tautan yang dapat anda baca mengenai diskusi tentang keputihan, penyebab dan hal-hal yang perlu dilakukan di rumah keputihan tanda ketidaknormalan cairan vagina memilih celana dalam benjolan di vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal :

    1. Vaginal tag
    2. Infeksi, abses
    3. Kelainan bawaan / kongenital
    4. Kutil kelamin
    5. Sumbatan kelenjar sekitar vagina, misal kista bartholin yang jika terinfeksi dapaat menjadi abses bartholini
    Untuk kasus anda, saya sarankan untuk mengunjungi dokter, khususnya Sp.OG. Untuk keputihannya, agar  dapat dipastikan penyebabnya sehingga dapat diberikan terapi yang sesuai.  Dan untuk benjolan, karenap pada semua benjolan, pemeriksaan fisik memegang peranan penting dalam menegakkan diagnosa sehingga pemeriksaan langsung sangat diperlukan. Anda mungkin akan menjalani pemeriksaan area genital dengan menggunkan cocor bebek/ spekulum dan apusan cairan vagina jika diperlukan untuk menentukan penyebab. Kondisi ini, jika tidak ada komplikasi dan jika ditangani dengan baik umumnya tidak berbahaya (asalkan bukan disebabkan oleh kanker/keganasan) dan dapat disembuhkan. Tetapi jika dibiarkan dapat berkembang menjadi berbahaya dan menimbulkan berbagai komplikasi. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.