Tanya Dokter

  • Benjolan pada vagina sebelah kiri

  • Hai dok,begini dok saya mau tanya kalo dibagian kiri vagina saya terdapat benjolan klo dipegang terasa sedikit sakit,gejala apakah itu dok?dan bagaimana cara mengobatinya,trimaksih.

    Halo,

    Benjolan pada vagina yang umum kita jumpai adalah benjolan berupa kista Bartholin. Kelenjar Bartholin terdapat di sekitar vagina dan lubang keluar urine. Kelenjar ini menghasilkan pelumas vagina. Penyumbatan saluran kelenjar Bartholin dapat terjadi (misalnya: akibat infeksi) yang pada akhirnya akan membentuk kista. Kista Bartholin tanpa gejala umumnya tidak perlu diobati dan dapat hilang sendiri tanpa pengobatan.

    Gejala kista Bartholin yang tidak terinfeksi adalah benjolan tanpa rasa nyeri di vagina serta rasa tidak nyaman ketika berjalan, duduk, dan berhubungan intim. Pada kista Bartholin yang terinfeksi, gejala selain benjolan di vagina adalah nyeri terutama ketika bergerak, bengkak dan kemerahan di vagina.

    Tidak hanya kista Bartholin, benjolan di vagina juga dapat disebabkan:

    • infeksi menular seksual, misalnya kutil kelamin
    • benjolan infeksi lainnya, misalnya abses
    • peradangan pada saluran rambut (folikulitis)

    Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar bernjolan tersebut dapat diperiksa dengan cermat dan diberikan pengobatan yang sesuai.

    Gejala dan potensi penyakit pada vagina

    Semoga membantu,

    dr.Mira