Tanya Dokter

  • Benjolan pada payudara dan berwarna merah

  •  Marcela
    Anggota
    Selamat pagi dokter, saya berumur 22 tahun. Saya ingin bertanya soal benjolan di payudara. Menjelang ditengah masa menstruasi saya menemukan benjolan di bagian bawah payudara saya. Benjolan ini berwarna merah dan menebal, serta terasa sakit saat ditekan. Hingga dua hari sejak masa menstruasi saya berakhir benjolan ini masih tetap ada. Apakah ada kemungkinan ini merupakan gejala kanker payudara? Terima kasih atas jawabannya dok

    Halo,

     

    Benjolan pada payudara tidak selalu melulu kanker, walau memang sebaiknya Anda periksa dengan seksama. Tindakan Anda melakukan pemeriksaan payudara secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan payudara Anda sendiri.

    Benjolan pada payudara bisa disebabkan karena =

    1. Fibroadenoma mamae, sebuah  tumor jinak pada payudara karena pembesaran kelenjar susu.
    2. Kista payudara, dapat timbul akibat fluktuasi hormonal Anda.
    3. Abses.
    4. Bisul.
    5. Mastitis.
    6. Penyakit paget, umum timbul di sekitar puting, merupakan keganasan pada puting payudara.
    7. Kanker payudara.

    Ada baiknya Anda segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter. Dengan tes fisik dna medis yang baik seperti USG maka bisa diketahui apa jenis benjolan tersebut. Dengan demikian dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai.

    Kanker payudara tidak umum menyerang usia muda, walau ada kemungkinan kecil terjadi hal tersebut namun secara medis penderita kanker payudara berusia > 40 tahun. 

    Hindari menekan atau memencet benjolan tersebut. Gunakan bra yang nyaman sesuai ukuran payudara Anda dan kompres dingin untuk meredakan nyeri. 

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi