Tanya Dokter

  • benjolan pada bibir vagina dan berwarna merah

  • dok.. sudah 2hari bbir slh satu bbir kmluan sy ad benjolan dan merah.. tersa agak nyeri juga itu knp ya dok ?

    Halo merri.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan berupa bibir vagina timbul benjolan kemerahan terasa agak nyeri, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, Diantaranya adalah : iritasi pada vagina akibat penggunaan pembalut/ produk pembersih Kewanitaan/ sabun/ celana dalam/ dll., infeksi jamur, penyakit menular seksual seperti kutil kelamin/ herpes / trikomonas/ klamidia, dermatitis, penyakit kudis / skabies, kutu pada rambut kemaluan, dan lain sebagainya.

    Untuk mengetahui penyebab pasti yang menimbulkan kondisi ini, maka haruslah dilakukan serangkain pemeriksaan lebih lanjut secara langsung terlebih dahulu. Oleh karena itu, jika keluhan masih terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, pake celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, selalu jaga kebersihan organ intim, ganti celana dalam setiap harinya, hindari mengaplikasikan bahan bahan tertentu organ intim seperti parfum/ lotion/ Deodoran/ bedak.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. jati