Tanya Dokter

  • Penyebab benjolan di vagina dan cara mengobatinya

  • slamat siang dok, sy ayu dr bali, sy mau nanya sm dokter, dok di bibir vagina bagian luar sy ada benjolan, kira" sudah 3 thn, sekitar 1 thn yg llu, sy didiagnosis "hernia" dan sempat melakukan oprasi, tp benjolan itu tdk langsung hilang bahkan sampaisekarang masih & tambah sakit, sakit sy rasakan hingga ke kaki,bejolannya yg sebelah kiri, yg sy tanyakan sebenarnya sy sakit apa ya dok,,,?

    Hai Hernia pada wanita disekitar pada vagina kemungkinan merupakan suatu hernia labialis. Biasanya hernia lebih sering terjadi pada pria karena tidak menutup sempurnanya dinding abdomen bekas jalannya testis (buah zakar) turun ke kantong zakar saat lahir. Jika pada wanita usus tersebut dapat turun dari rongga perut ke arah bibir vagina (labia mayor). Jika hernia yang masih dapat keluar masuk atau kempes dengan sendirinya dengan berbaring biasanya belum memerlukan operasi segera, namun jika hernia yang tidak bisa masuk sendiri ditakutkan terjadi jepitan usus, sehingga membahayakan. Sebaiknya Anda memeriksakan kembali pada dokter yang melakukan operasi, apakah hernia tersebut kambuh kembali, karena pada beberapa keadaan hernia dapat kambuh kembali karena tekanan pada rongga perut yang kuat sehingga usus kembali turun, seperti akibat:

    • Sering mengangkat beban berat
    • Sering mengejan jika BAB
    • Batuk.
    Mengenai hernia dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: Empat jenis hernia pada wanita. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Ngr Dhanur Weda  Ngr Dhanur Weda
    Anggota

    makasi dok atas keterangannya,,,