Tanya Dokter

  • benjolan kecil berisi cairan bening didekat kelamin

  •  Gede Gentuh
    Anggota

    halo dok..

    saya mau tanya, semenjak kecil saya memiliki benjolan kecil berisi cairan bening di kulit kelamin saya, sampai sekarangpun masih ada dan kadang saya keluarkan cairannya dengan menggunakan jarum, ukuran benjolannyaga lebih besar dari 2biji jagung dan isinya cuma cairan bening saja, setelah saya keluarkan cairannya, bisanya beberapa bulan kemudian berisi cairan lagi..
    pertanyaan saya benjolan apa itu dok? dan apakah berbahaya?

    terima kasih jawabannya dok

    Halo Gede......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke gangguan pada kesehatan kulit yang dalam bahasa medis disebut sebagai vesikel, dimana hal ini merupakan timbulnya lepuhan kecil yang dibentuk oleh kumpulan cairan dalam epidermis.

    Benjolan atau lepuhan ini biasanya diisi oleh cairan serosa dan ukurannya biasanya kurang dari 1 centimeter ( diameter ). Benjolan ini juga dapat berisi darah yang sering disebut sebagai vesikel hemoragik.

    Penyebab dari kondisi ini diantaranya adalah : herpes genital, cacar air, dermatitis kontak ( terjadi karena kulit kontak dengan alergen === bahan pakaian, deodoran, bedak, dll. ), pemfigus bulosa, dsb.

    Karena kondisi ini sudah lama Anda alami dan untuk mengetahui berbahaya atau tidaknya kondisi ini, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Kulit dan kelamin agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. 

    Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, biasanya penyebab pasti dari kondisi yang Anda alami akan diketahui dan akhirnya pengobatan yang tepat pun dapat diberikan kepada Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    YANG MENGANCAM KESEHATAN PENIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati