Tanya Dokter

  • benjolan sekitar kelamin

  • Selamat malam dokter. Saya venus usia 20thn. Saya merasa bingung dan mendadak takut baru saja waktu saya meraba bagian rambut kemaluan bagian atas penis saya, ada benjolan kecil. Padahal tadi pagi saya yakin tidak ada benjolan seperti ini. Apa karena faktor mecukur rambut sampai habis sekitar 2minggu lalu atau karena terlalu sering masturbasi ya dok? Rasanya hanya ada sedikit tidak enak saat ditekan. Saya terbilang pria yg hyper, dalam sehari bisa 3 sampai 4 kali ejakulasi. Mohon jawabannya. Terimakasih selamat malam :)

    Hai Venus, Bila benjolan timbul di area rambut kemaluan dan Anda baru saja mencukur rambut kemaluan, maka ada kemungkinan benjolan yang timbul disebabkan oleh folikulitis, yaitu peradangan akibat infeksi pada saluran akar rambut. Kondisi ini dapat dipicu oleh iritasi akar rambut akibat mencukur terlalu dalam atau kebiasaan mencabut rambut. Selain itu folikulitis dapat pula dipicu oleh gesekan pakaian dalam, kondisi kulit yang panas atau lembab, keringat berlebihan, berendam di air yang kurang bersih, jerawat, dan sebagainya. Penanganan folikulitis di antaranya adalah dengan pemberian obat antibiotik dan antiinflamasi untuk meredakan peradangan yang terjadi. Namun demikian, benjolan yang timbul di sekitar kelamin dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    Untuk dapat memastikan penyebabnya tentunya benjolan yang timbul harus diperiksa secara langsung oleh dokter. Bila keluhan terus berlanjut maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kelamin agar penyebabnya dapat ditelusuri, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan area kelamin
    • Kenakan pakaian dalam yang berbahan lembut dan tidak ketat
    • Mengganti pakaian dalam secara teratur 2 kali sehari
    • Hindari kebiasaan mencabut atau mencukur rambut kemaluan terlalu dalam
    • Hindari memencet atau memecahkan benjolan yang timbul
    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab benjolan di penis Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman