Tanya Dokter

  • Benjolan seperti cacar disertai berat badan yang turun drastis

  • Gini dok saya ada benjolan di seluruh tubuh namun tak berair jika kering seperti sunutan rokok,dan gatal apalagi bila terkena dingin di sertai sakit kepala yang sangat dan nafsu makan berkurang,akibatnya berat badan menurun derastis dari 76kg menjadi 71kg dalam jarak waktu kurun 2 mingguan,umur saya 28 tahun

    Hai,

    Terdapat banyak penyakit kulit yang bisa mengakibatkan ruam gelap / bercak-bercak di seluruh tubuh (mis. bekas cacar, prurigo, sifilis, penyakit ginjal kronis, diabetes) dan karena itu penegakkan diagnosis memerlukan wawancara dan pemeriksaan fisik langsung oleh Dokter / Spesialis Kulit (Sp. KK). Adapun gejala yang mengkhawatirkan saat ini ialah penurunan berat badan drastis dalam kurun waktu dekat.

    Penurunan berat badan drastis bisa disebabkan oleh peningkatan aktivitas hormon tiroid (hipertiroid), penyakit infeksi kronis (mis. TBC dan HIV) dan penyakit kanker. Penurunan nafsu makan saja biasanya tidak cukup untuk mengakibatkan penurunan berat badan sedemikian drastis -- penurunan nafsu makan bisa juga berkaitan dengan penyakit infeksi kronis, gangguan saluran cerna atau penyakit kanker.

    Penyebab penurunan berat badan drastis sebaiknya digali lebih dalam melalui pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis Penyakit Dalam (Sp. PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Baca juga artikel bahaya berat badan turun drastis

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma