Tanya Dokter

  • Benjolan seperti sariawan

  • Dok, saya mau tanya di daerah pangkal lidah saya terdapat benjolan seperti sariawan tetapi tidak terasa sakit. Terus di gusi saya sebelah lidah tersebut terjadi pembengkakan kemungkinan akibat tergigit karna gusi saya tersebut menutupi gigi geraham trakhir. Saya juga mengalami sulit menelan dan tenggorakan terasa gatal tp sekarang sdh berangsur pulih. Tapi untuk sariawan di lidah tsbt tidak mengempis selama 1 minggu ini. Apa ini termasuk gejala kanker lidah atau panas dalam biasa ya dok? Klaupun ke dokter saya harus ke dokter spesialis apa ya dok?

    Trus dok akhir2 ini lidah saya terasa gatal2 perih gitu, trus juga akibat gusi yg bengkak gigi geraham tambalan saya dkt gusi tsbt terasa sakit dan menyebabkan sulit untuk mengunyah. Mohon di jawab dok. Terima kasih :)

    Halo Fitria, Untuk memastikan apakah penyebab sariawan yang tidak juga kunjung mengempis, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi spesialis penyakit mulut. Dokter akan memastikan apakah penyebab keluhan yang Anda alami tersebut. Apakah hanya sariawan biasa, akibat kekurangan vitamin tertentu, mucocele, ataukah mengarah ke keganasan seperti kanker lidah. Selain itu, gusi yang membengkak menandakan adanya radang pada gusi. Radang pada gusi dapat terjadi jika kebersihan rongga mulut tidak terjaga ataupun karena adanya riwayat trauma pada gusi. Sebaiknya jangan menunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat. Dengan memeriksakan diri secepatnya ke dokter gigi, maka kemungkinan untuk terjadinya komplikasi pun akan semakin berkurang. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

    • Rutin menyikat gigi
    • Berkumurlah dengan air garam hangat atau dengan obat kumur antiseptik
    • Perbanyak memakan buah-buahan dan sayuran
    • Perbanyak meminum air putih
    • Hindari merokok
    Semoga membantu, dr. Tri