Tanya Dokter

  • Benjolan Setelah Oprasi FAM

  • Selamat pagi dok, saya Danish umur 23 tahun. Sebulan yang lalu tgl 2 oktober saya melakukan oprasi pengangkatan fam di mammae dextra dengan ukuran 3x3x1 cm dok. Fam di sebelah kanan samping antara puting dan ketiak. Nah pembedahannya dilakukan di samping putih persis dok dan sampai sekarang dibagian yang dulu ada fam terdapat benjolan, namun keras dan tidak mobile seperti dulu. Itu kenapa ya dok?kok masih meninggalkan benjolan keras dan terkadang nyeri. Apakah efek dari luka oprasi yang pengambilannya tidak pas di tempat benjolan? Terimakasih dok. Besar harapan saya untuk dijawab pertanyaan ini.

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Benjolan pada payudara dapat disebabkan oleh banyak kondisi seperti:
    - Kista: berupa benjolan berisi cairan
    - Fibroadenoma: berupa benjolan yang lunak, bulat dan dapat bergeser jika di tekan.
    - Perubahan fibrokistik: benjolan akibat pengaruh hormonal.
    - Kanker payudara: berupa benjolan keras, tidak bergeser bila di tekan, tidak nyeri. Biasanya di sertai dengan gejala- gejala lain seperti perubahan bentuk payudara, perubahan kulit payudara, keluar cairan tidak normal dari puting, dll.

    Perlu diketahui bahwa FAM walaupun termasuk jinak dapat kambuh atau berulang. Kondisi berulangnya FAM ini dianggap berkaitan dengan kadar hormon estrogen wanita yang tidak seimbang.
    Untuk mencegah kekambuhan FAM memang belum tersedia metode yang pasti, namun beberapa tips yang dapat dilakukan diantaranya;
    • Batasi makanan yang kaya akan fitoestrogen seperti kacang kedelai, tahu tempe, buncis, produk buah kering (plum, aprikot dll), kacang kacangan , kecambah, biji rami, brokoli, wijen, gandum
    • Rutin berolahraga
    • Selalu lakukan SADARI setiap bulan sehabis menstruasi
    • Kelola stress dengan baik
    • Tingkatkan konsumsi air putih
    • Hindari rokok

    Mengingat banyaknya kondisi dasar yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan pada payudara,maka di perlukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab benjolan tersebut. Anda dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis bedah. Dokter akan menanyakan riwayat timbulnya keluhan,pemeriksaan fisik berupa pengamatan dan perabaan, pemeriksaan penunjang seperti USG, mamografi, biopsi dll. Setelah mengetahui penyebab benjolan, barulah dapat diputuskan pengobatan yang paling tepat untuk Anda.

    Berikut informasi lengkap yang berkaitan dengan topik ini
    Benjolan di payudara belum tentu kanker
    Waspadai Benjolan pada Payudara

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
    Salam, dr. Sylvia