Tanya Dokter

  • Benjolan setelah tertusuk tusuk gigi

  •  diahanggreani
    Anggota
    Selamat pagi dok... Saya ingin bertanya, tangan saya tertusuk tusuk gigi dan saat itu darah yg keluar hanya sedikit dan memar bengkak selama kurang lebih 3minggu. Setelah sembuh seperti ada benjolan sedalam bekas tusukan tersebut. Bagaimana ya dok? Dan apakah berbahaya?

    Hai diahanggraeni,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Luka tusuk yang cukup dalam bisa menyebabkan peradangan (inflamasi) yang cukup lama sembuh. Peradangan ini bisa membuat daerah yang tertusuk mengalami pembengkakan, nyeri, kemerahan, atau sulit melakukan fungsinya dengan baik (misalnya jika terjadi pada tangan, maka tangan bisa sulit digerakkan).

    Benjolan yang muncul setelah radang yang Anda alami bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi, baik yang berkaitan ataupun tidak berkaitan dengan luka tusuk yang Anda alami sebelumnya, misalnya:

    • Kista (terbentuknya kantung berisi cairan di kulit)
    • Abses (kumpulan nanah di bawah kulit)
    • Skar hipertrofik, keloid (pembentukan jaringan parut pasca radang)
    • Tumor, misalnya lipoma, fibroma, dan sebagainya

    Perlu diperjelas dulu, bagaimana karakteristik benjolan yang Anda maksud, seberapa besar ukurannya, bagaimana warnanya, konsistensinya, apakah terasa nyeri, gatal, atau ada keluhan lainnya.

    Maka dari itu, cobalah memeriksakan langsung ke dokter ya.. Berbahaya atau tidaknya benjolan tersebut hanya bisa ditentukan setelah penyebab benjolannya diketahui.

    Sebagai langkah awal, Anda bisa mengompres benjolan dengan air hangat. Hindari memencet apalagi mencungkil benjolan secara paksa. Jangan juga mengaplikasikan obat atau salep apapun di benjolan tanpa petunjuk dokter. Selain itu, senantiasa jaga kebersihan tangan Anda, yakni dengan rajin mencuci tangan dan mandi dengan teratur 2x sehari.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah