Tanya Dokter

  • Benjolan membekas di lengan, dekat pusar, dan paha

  • Halo dok, saya ingin bertanya Saya memiliki benjolan lebarnya tdk lebih dr 1 cm, kadang muncul di lengan, dekat puser perut, dan paha. Benjolan yg di lengan dan perut sudah ilang tp menimbulkan bekas kecoklatan. Sedangkan benjolan di paha tiba2 muncul lag, sebelumnya pernah muncul dan kempes tp skrg timbul lagi. Tidak sakit kalau dipencet, saya tekan2 seperti akan memencet jerawat tp tidak keluar cairan. Saya memang memiliki kulit sensitif. Terdapat area gatal di leher saya yg jika kena keringat dan panas berlebih, area itu akan gatal, memerah dan kadang mengelupas. Sedangkan di punggung saya rentan sekali terkena jamur apabila dalam keadaan lembab namun tdk seperti jamur pada umumnya, karena saat di kurik tidak memerah. Saya pernag ke dokter kulit utk menangani punggung dan leher saya tp tdk ada perubahan (diberikan salep dan obat minum). Kira2 diagnosa nya apa ya dok? Apakah saya harus periksa ke dokter kulit atau bgmn.

    Halo,   Benjolan yang membekas kecoklatan mungkin dikarenakan terjadinya reaksi peradangan pada benjolan Anda akibat tindakan Anda memencet benjolan tersebut sehingga menimbulkan hiperpigmentasi akibat inflamasi pada daerah tersebut. Kondisi bercak kecoklatan ini akan menghilang secara perlahan lahan dan bisa dipercepat dengan pemberian krim pemutih. Benjolan yang Anda keluhkan perlu diperiksakan secara seksama, karena benjolan tersebut bisa disebabkan karena :

    1. kista
    2. Jerawat
    3. Bisul
    4. Infeksi virus
    5. Molluscum
    6. Infeksi bakteri kulit
    7. dll.
    Sementara rasa gatal yangAnda keluhkan bisa dikarenakan :
    1. Infeksi jamur
    2. Alergi
    3. Dermatitis
    4. Milia
    5. Psoriasis
    6. Diabetes
    7. gangguan tiroid / ginjal.
    8. dll.
    Untuk mengetahui jenis benjolan dan penyebab rasa gatal  yang Anda derita maka sebaiknya pemeriksaan fisik dan tes medis seperti tes darah, tes kerokan kulit dan tes alergi dll perlu dilakukan. Dengan mengetahui penyebabnya maak pengobatan bisa dilakukan secara cermat. Untuk mengurangi gatal, Anda bisa melakukan :
    1. Hindari daerah panas sehingga akan meminimalisir keringat dan mengurangi gatal.
    2. Mandi air dingin atau suam kuku.
    3. Oleskan lotion calamin.
    4. segera lap keringat Anda
    5. Hindari mandi saat badan berkeringat.
    6. ganti baju dan dalaman setiap hari.
    7. Mandi dengan sabun antibakteri.
    Baca topik Gatal yang berbekas. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi