Tanya Dokter

  • Bentol-bentol pada leher yang gatal tapi tidak memerah

  • Hi dok, saya elissa 22 tahun. Saya menderita gatal-gatal pada kulit bagian leher. Bentol-bentol dan gatal tapi tidak berwarna merah. Kalau diliat seperti tidak ada apa-apa tapi kalau dipegang terasa dok bentolnya dan gatal. Baik leher bagian depan dan leher bagian belakang. Sekarang saya rasa-rasa di wajah dan di kulit kepala juga mulai ada. Tapi tidak berwarna dok cuma bentol-bentol aja. Saya pikir digigit nyamuk tapi kok aneh ya. Menurut dokter itu gatal karena apa ? Alergi ? Dan bagaimana mengatasinya ?Sudah lama gak hilang-hilang, mungkin ada 1 tahun. Terima kasih dok.

    Halo,   Bentol pada kulit yang terasa gatal bisa disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya adalah alergi atau urtikaria pada kulit akibat alergen tertentu. Untuk memperjelas diagnosa maka Anda perlu datang secara langsung memeriksakan diri ke dokter kulit karena pada dasarnya mendiagnosa kelainan kulit membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung. Beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab keluhan Anda adalah :

    1. Alergi
    2. Urtikaria/ biduran.
    3. Molluscum
    4. Kutil
    5. Tumor
    6. Skintag
    7. PSoriasis
    8. dll.
    Pemastian diagnosis akan bisa dilakukan oleh dokter setelah melihat secara langsung kondisi kulit yang Anda keluhkan, jika perlu dokter akan melakukan tes medis seperti tes kerokan kulit, tes alergi dll. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan terhadap keluhan Anda bisa dilakukan. Untuk mengurangi gatal, Anda bisa melakukan beberapa cara yakni :
    1. Menghindari penggunaan make up pada bagian yang bermasalah.
    2. Mengoleskan lotion calamin pereda gatal
    3. Minum obat pereda gatal seperti antihistamin.
    4. Menghindari penggunaan baju berkerah tinggi yang bisa mengiritasi leher Anda.
    5. Membersihkan dan melakukan scrubbing ringan pada leher.
    Baca topik Gatal pada kulit.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi