Tanya Dokter

  • Solusi atasi bentol-bentol pada seluruh tubuh dan terasa sakit saat disentuh

  • selamat malam dok,

    saya punya alergi tapi alergi saya itu cuma kambuh hanya ketika kondisi tubuh saya itu lagi drop dan ketika kondisi tubuh saya sedang seperti itu apapun makanan yang saya makan bisa jadi alergi. yang paling parah dulu waktu SMA saya pernah sampai di opname. alerginya itu bentol-bentol di seluruh tubuh dan kalau di sentuh itu sakit kaya di tusuk jarum gitu..

    itu kenapa ya dok?

    Hai, Kondisi yang Anda alami mungkin adalah urtikaria / biduran. Kondisi ini didasari oleh mekanisme mirip alergi, hanya saja pemicunya tidak jelas. Melalui pemicu yang tidak jelas ini, sel-sel darah putih melepaskan zat yang disebut histamin. Histamin memiliki efek untuk melebarkan pembuluh darah, meningkatkan "kebocorannya" dan mengaktivasi sensasi gatal pada serabut-serabut saraf terdekat. Karena pembuluh darah menjadi lebih bocor, bisa timbul pembengkakan / bentol-bentol, disertai warna kemerahan akibat pelebaran pembuluh darah setempat. Kondisi ini juga umumnya disertai gatal-gatal karena aktivasi saraf-saraf oleh histamin. Apabila pelepasan histamin sudah berhenti, barulah gejala-gejala ini hilang. Tak jarang kondisi ini hilang timbul; semuanya karena sel darah putih yang terlalu sensitif / hipersensitif. Mungkin juga kondisi yang Anda alami ialah reaksi alergi, yang memiliki pemicu yang jelas, yaitu alergen. Alergen dapat berupa alergen hirup, tersuntik, termakan atau terpapar. Biasanya, respons alergi akan sesuai dengan bentuk alergennya, misalnya alergen hirup akan menyebabkan bersin-bersin, batuk sampai sesak akibat serangan mirip asma. Jika jenis alergennya ialah alergen terpapar, gejala yang muncul umumnya berkaitan dengan paparan kulit setempat, misalnya kemerahan/bentol-bentol hanya pada satu daerah tertentu yang terpapar. Jika alergennya tersuntik/tertelan, reaksi alergi umumnya bersifat lebih luas seperti bentol-bentol seluruh tubuh, bersin dan batuk. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda (yi. apakah terdapat pemicu alergen/tidak), diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam, terutama yang ahli di bagian Alergi - Imunologi. Mungkin diperlukan tes alergi untuk menunjang diagnosis. Alergi tidak bisa disembuhkan; karena letak permasalahannya ialah sel darah putih yang terlalu sensitif. Hanya saja, gejala alergi bisa kita kontrol menggunakan obat-obatan anti-alergi. Obat-obatan alergi umumnya bersifat anti-histamin, sehingga dapat membalikkan gejala-gejala akibat pelepasan histamin. Menjaga daya tahan tubuh tetap baik juga terbukti bermanfaat bagi mereka yang memiliki bawaan alergi. Sementara waktu, tips berikut mungkin membantu:

    • Kenali jenis-jenis alergen yang mungkin menyebabkan gejala Anda muncul; catat lalu hindarilah alergen-alergen tersebut
    • Istirahat cukup setiap hari
    • Banyak makan buah dan sayuran
    • Hindari stres dan kelelahan fisik
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma