Tanya Dokter

  • Gatal disertai bentol yang berwarna merah

  •  Asine dulset
    Anggota
    Halo dok saya 18 tahun beberapa hari lalu saya merasakan gatal yg tiba2 setelah beberapa hari gatal itu berubah menjadi bentol dan lama kelamaan bentolnya berubah menjadi sangat merah merah sekali. Apa itu dok? Dan bagaimna cara menanganinya?

    Halo Asine.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami berupa timbulnya Ruam, di mana hari ini merupakan suatu Peradangan dan perubahan warna yang terjadi pada kulit, yang dapat disertai dengan timbulnya rasa gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau iritasi, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya Ruam, diantaranya adalah : dermatitis === peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh karena alergi/ menyentuh bahan - bahan kimia tertentu/ jamur/ dll., sengatan atau gigitan serangga, infeksi bakteri pada kulit, alergi obat, dan lain sebagainya.

    Untuk mengobati kondisi ini, dan jika sampai saat ini ruam masih saja muncul dan semakin memburuk, maka haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab pastinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebab pastinya, maka harus dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu kami menyarankan segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemerasan kulit, sehingga segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, jaga selalu kebersihan kulit, mandi secara teratur, hindari menyentuh bahan bahan kimia tertentu, jangan menggaruk kulit yang terkena gangguan kesehatan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati