Tanya Dokter

  • Bentol melebar di bibir kemaluan

  •  nur
    Anggota

    Malam dok.. Maaf saya mau tanya apakah bentol dibibir kemaluan itu bahaya? Hari rabu saya sudah kedokter katanya itu ga bahaya cuma seperti kegaruk tapi hari ini saya rasa bentolnya melebar lebih panjang dan yg bentol sebelumnya ngecilin gitu dan yg saya rasain itu gatal bgt aja tapi kadang2.. Bagaimana ya dok? Mohon jawabannya..

    Hai,   Apa bentol yang Anda maksud adalah biduran? Bentol merupakan reaksi alergi akibat sesuatu yang menyebabkan pembengkakan lokal pada daerah yang kontak dengan alergen (pencetus alergi). Jika segera ditangani dan diperiksa oleh ahli dan hanya bersifat setempat saja tidak akan menimbulkan bahaya yang mengancam. Bentol bisa timbul dimana saja termasuk di bibir organ intim Anda. Hal ini menandakan bahwa kemungkinan bentol tersebut adalah tanda bahwa organ intim Anda mengalami reaksi alergi terhadap sesuatu yang berkontak dengan organ Anda. Namun bentol juga bisa timbul secara menyeluruh pada tubuh akibat beberapa faktor yaitu:

    1. obat obatan
    2. penyakit sistemik
    3. dll
    Jika Anda sudah memeriksakan diri ke dokter maka sebaiknya lakukan pengobatan sesuai anjuran dokter Anda. Jika gejala tidak membaik setelah pemberian obat maka Anda bisa melakukan kontrol ulang kepada dokter yang bersangkutan. Untuk mengurangi rasa gatal Anda bisa melakukan :
    1. Hindari menggaruk bagian yang gatal
    2. Kompres dingin / suam kuku organ wanita Anda
    3. Hindari faktor pencetus alergi Anda
    4. Gunakan panty liner jika perlu
    5. Ganti pembalut Anda dengan pembalut yang tidak menyebabkan alergi/ rasa gatal
    6. ganti pembalut 3 jam sekali
    7. Hindari penggunaan produk pembersih kewanitaan secara berlebih.
    Anda bisa membaca laman berikut untuk pemahaman lebih jauh. Menangani vagina gatal   Semoga bermanfaat.     dr. Yusi  

    nur  nur
    Anggota

    Maaf dok saya ingin bertanya lagi, apakah biduran itu? Apa berbahaya? Waktu saya periksa bentol ini kata dokternya ini bentol biasa dan real nanti juga hilang dan saya juga tidak diberi obat apa2 lagi pula waktu itu bentolnya baru setempat tapi esok'y ga tau knp bentol'y memanjang kira-kira 2 cm dok.. Mohon jawabannya dok terima kasih banyak..

    Hai,   Biduran adalah reaksi pembengkakan lokal akibat reaksi alergi, bentuknya bisa berupa lingkaran kecil kadang saling menumpuk dengan lingkaran lain menyerupai pulau atau berupa garis/ bilur panjang yang kemerahan diluar dengan bagian tengah yang agak pucat. Biduran tidak berbahaya jika langsung segera ditangani dan mendapatkan pengobatan yang sesuai. Biasanya akan terasa gatal dan sangat mengganggu penderita sehingga mereka akan mencari pengobatan. Jika Anda merasa keluhan Anda memburuk maka Anda bisa berkonsultasi kembali dengan dokter yang memeriksa Anda untuk mendapatkan pengobatan yang optimal.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Pagi dok., Maaf sebelum.y saya mau tanya dok.. saya mengalami keputihan tp kputihan itu tidak seperti biasa,y warna.y putih. Encer kadang seperti keju gtu dok.. terus bibir miss v saya terasa gatal,hitam dan ada bentolan kecil2 atu bercak2 di bibir missv saya dan melebar, Bahkan buang air kecil pun terasa nyeri.. apakah itu berbahaya dok. Mohon jawaban.y dok.. n terimah kasih,,