Tanya Dokter

  • Bentol di testis yang tak kunjung hilang

  •  Afa Rifzi
    Anggota

    Dok. Mau nanya nih. Saya kemarin kena gatal-gatal di testis saya. tapi itu sudah lama. namu sampai sekarang bekas/bentol sisa dari gatal itu tak kunjung kempes. bahkan sekarang pas gatal lagi, malah bertambah bentolnya. permasalahannya. gimana menghilangkan bentol yang kayak.a seperti mendaging di testis saya Dokter. pakai cara apa dan kalo ada obatnya. Apa namanya Dokter?! makasi Dok..

    Hai, Rasa gatal disertai munculnya bentol/benjolan di testis (kantong zakar) dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari yang ringan hingga yang berat dan memerlukan penanganan khusus. Beberapa penyebabnya adalah:

    Untuk memberikan pengobatan yang tepat bagi keluhan yang Anda rasakan, tentunya harus terlebih dahulu diketahui apa penyebabnya. Disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter untuk mengetahui apa penyebab dari keluhan yang Anda alami. Diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung (tatap muka) untuk menilai gejala yang Anda alami (karakteristik bentol/benjolan, apakah mengeluarkan cairan/nanah, dll). Apabila diperlukan Dokter akan menganjurkan untuk dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan Laboratorium dan lainnya. Pengobatan yang tepat akan dapat diberikan sesuai dengan penyebab. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga area sekitar kelamin agar tetap bersih, kering, dan tidak lembab
    • Kenakan pakaian dalam dengan bahan yang lembut dan tidak ketat
    • Ganti pakaian dalam minimal 1 kali sehari
    • Saat mandi lebih baik menggunakan air biasa dibandingkan air panas
    • Hindari menggaruk area yang gatal untuk menghindari iritasi kulit
    Beberapa artikel dengan topik terkait dapat dibaca pada laman berikut: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani