Tanya Dokter

  • Pusing, mual, dan muntah setelah cedera kepala

  •  Gimink
    Anggota

    Dok saya mau tanya... sekitar seminggu yg lalu ayah saya kecelakaan jatuh dari montor karna hilang ksadaran...trus pelipis kiri benjol dan berdarah ...di bwa ke IGD ayah saya mendapat 6 jahitan.. dan hasil CT scan normal, tensi normal, trus kenapa ya sampai skrang ayah sya masih mengalami pusing dan mual2..mau muntah??? Tpi tidak pernah muntah keluar dan kalau tidur rebahan tidak pusing .hanya setiap bangun .tpi bgun untuk B.A.B dua bisa meskipun pusing tpi tidak sampai muntah keluar...sampai skrang..sudah 1 minggu berlalu..apa yg hrus saya lakukan dok???

    Gimink  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Jika hasil Ct scan normal, maka kemungkinan besar nyeri kepala/pusing dan gejala lainnya yang dialami bukan dari perdarahan di dalam otak. Apa yang dialami kemungkinan besar merupakan sutu PTH (post traumatic headache / nyeri kepala paska trauma) yang merupakan suatu gejala sisa yang paling sering mengikuti setelah suatu cedera kepala ringan. Akan tetapi tentunya diperlukan pemreiksaan ulang untuk memastikan  kembali  bahwa yang dialami bukan karena adanya suatu kelainan struktural pada otak dan rongga kepala. Sehingga sebaiknya dibawa kembali ke dokter yang menangani untuk menjalani pemeriksaan ulang. Jika semuanya normal, maka kemungkinan suatu PTH menjadi lebih besar. Penanganan kasus PTH terkadang cukup sulit. Pada banyak kasusu PTH akan menghilang setelah beberapa minggu. Akan tetapi sebagian kecil pasien mengalami PTH kronik yang berlangsung berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Biasanya pengobatan memerlukan advis / saran dari seorang neurolog/ahli saraf. Pengobata biasanya meggunakan obat anti nyeri, anti depresan, atau dikombinasikan dengan penyekat beta, tentunya setelah penyebabnya dipastikan terlebih dahulu, Pada beberapa kasus diperlukan terapi psikologis seperti terapi perilaku kognitif (CBT). Beberapa hal yang perlu anda lakukan :

    • Kontrol kembali ke dokter yang menangani dan turuti anjurannya
    • Jika nyeri kepala muncul, anda dapat memberikan parasetamol untuk meredakan gejala,
    • Jika nyeri berlangsung lama dan sulit dihilangkan, terkadangpasien merasa frustasi karena masalah ini, sehingga dukungan psikologis dan emosional menjadi penting.
    8 jenis penyebab nyeri kepala terus menerus penyebab nyeri kepala demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.