Tanya Dokter

  • Berapa cm lingkar perut normal ketika hamil 4 bulan ?

  •  Chusnul
    Anggota

    Selamat malam dok. Dok saya sedang hamil masuk usia 4bulan kehamilan. Saya merasakan lingkar perut saya sedikit lebih besar daripada punya teman saya mskpun belum pernah saya ukur. Perut saya jg sudah bisa merasakan gerakan janin. terkadang ada dua gerakan sebelah kanan dan kiri perut dok, apakah kemungkinan janin kembar ya dok ? saya belum berani melakukan usg dok. Dok, pada bulan ke-2 saya pernah ada niatan utk aborsi karena masalah keluarga. saya jg pernah mengkonsumsi minuman bersoda seperti sprite, buah nanas dan 2 butir cytotec. Apakah nantinya janin saya ada kelainan ya dok :( maka dari itu saya ragu utk melakukan usg, saya kasian dg anak yg saya kandung..

    mohon jawaban dan saran ya dok. Terimakasih..

    Halo, Pada dasarnya, ukuran pengembangan rahim dinilai berdasarkan ukuran fundus uteri atau dasar rahim. Ukuran ini diukur dari tulang pubis atau tulang kemaluan menuju keatas sampai dengan dasar rahim. Berikut tinggi fundus uteri sesuai dengan usia kehamilan:

    • 16 minggu setinggi titik tengah diantara pusar dengan tulang kemaluan
    • 20 minggu setinggi pusar
    • 28 minggu setinggi titik tengah diantara pusar dengan tulang taju pedang dibawah tulang dada
    • 36 minggu setinggi 2 jari dibawah ujung tulang taju pedang
    Perkembangan rahim, kurang lebih setinggi 1 lebar jari setiap 2 minggunya. Dari perkembangan rahim tersebut didapatkan gambaran kasar pertumbuhan janin. Apakah perkembangan rahim sesuai dengan usia kehamilan yang seharusnya. Jika tinggi fundus uteri tidak sesuai dengan ukuran kehamilan, muncul kemungkinan terdapat masalah perkembangan janin. Hal ini perlu ditindaklanjuti dengan pemeriksaan lain seperti misalnya ultrasonografi (USG). Jika pertumbuhan rahim terlalu cepat tidak sesuai dengan usia kehamilan, kemungkinan dapat terjadi kondisi sebagai berikut:
    • Kehamilan kembar
    • Ibu mengalami diabetes dalam kehamilan
    • Kondisi cairan ketuban yang berlebihan
    • Hamil anggur (tidak ada pertumbuhan bayi, tetapi tumor jinak)
    Perasaan ditendang di dua tempat yang tidak sama, merupakan salah satu tanda subyektif kehamilan kembar. Akan tetapi, untuk memastikan kehamilan kembar, perlu pemeriksaan yang mengkonfirmasikan dua (atau lebih) denyut jantung yang berbeda detaknya pada kedua tempat yang berbeda juga. Lebih pasti lagi jika pemeriksaan dikonfirmasikan dengan pemeriksaan USG. Nanas mengandung bromelin yang dapat melunakkan daging, sehingga menjadi mitos bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi nanas dapat mengalami keguguran. Namun secara ilmiah belum terbukti bahwa nanas menyebabkan keguguran. Soda tidak menyebabkan keguguran. Akan tetapi, minuman soda yang mengandung cafein seperti cola, mempunyai risiko tersebut. Menurut penelitian, ibu hamil yang mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg per hari. berisiko mengalami keguguran 2 kali lebih tinggi dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi kafein. Waspadai tanda-tanda keguguran Cytotec merupakan nama paten dari obat yang mengandung misoptrostol. Kelainan kongenital bayi, yang biasanya bersamaan dengan kematian bayi, dapat terjadi pada penggunaan misoprostol yang gagal digunakan untuk aborsi. Beberapa literatur menyatakan terdapat hubungan antara penggunaan misoprostol pada trimester pertama kehamilan dengan defek tulang tengkorak, kelumpuhan saraf wajah, kelainan wajah, dan defek pada tungkai. Untuk mengetahui kondisi janin, dan mengantisipasi hal-hal tertentu, ada baiknya Anda mengunjungi dokter ahli kebidanan dan kandungan untuk mengetahui kondisi janin Anda. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha