Tanya Dokter

  • Durasi pemberian suntikan verorab yang benar

  •  Fendray
    Anggota

    Alo dokter.....

    Tanggal 29 Mei (jumat), istri saya digigit kera jam 1500. Esoknya, 30 Juni jam 2000 istri saya baru mendapatkan suntikan verorab dengan suntikan pada bokong kanan dan bokong kiri oleh dokter A, dan membuat schedule suntikan lagi pada setiap hari sabtu ( tanggal 6 Juni untuk boka dan 13 Juni untuk boki), artinya vaksin diberikan setiap 7 hari setelah suntikan verorab pertama kali yaitu tanggal 30 juni ( bukan H0, hari digigit) dan total semua suntikan 4 kali (berdasar Protap dia sebagai dokter Puskesmas).

    Berhubung tanggal 6 Juni dokter A tidak ditempat, kami pergi ke dokter B( Dokter jaga RS swasta yang juga dokter residen penyakit jantung ), dan menyatakan bahwa vaksin seharusnya diberikan sebanyak 5 kali ( sesuai manual book pada kemasan verorab kami yang dia baca ) dan intervalnya setiap 7 hari dari hari gigitan.

    Dan hari ini, saya ke apotik untuk membeli verorab ( karena disini kami tidak bisa membeli verorab paketan, karena keterbatasan stock kata mereka (kami bertempat tinggal di salah satu ibu kecamatan di Riau))  untuk disuntik esok hari (13 Juni, suntikan ke 4 yaitu suntikan terakhir dari versi dokter A yang saya ikuti), dan ternyata verorab yang ada adalah kemasan baru ( paket 5 suntikan), sedangkan sebelumnya kami mendapatkan verorab yang untuk 4 suntikan.

    Yang ingin kami tanyakan, versi mana yang seharusnya kami ikuti?

    Halo, Versi manapun yang Anda ikuti sama baiknya. Memang ada beberapa fasilitas kesehatan yang menganjurkan pemberian 4 kali suntik yaitu 2 suntikan di awal, lalu berikutnya 1 suntikan dengan selang masing-masing 4 minggu. Tetapi ada juga fasilitas kesehatan yang menganjurkan 5 kali suntikan yaitu pada hari paparan, hari ke 3,7,14,30. Dengan pemberian 4 kali vaksin maka imunitas sudah terbentuk. Vaksin yang kelima bertugas sebagai penguat untuk memastikan bahwa imunitas sudah benar-benar terbentuk dengan baik. Jadi silahkan mengikuti versi manapun. Salam, dr. Tri