Tanya Dokter

  • berapa lama kita bisa tahu kepastian bahwa kita terjangkit rabies?

  •  jarwox
    Anggota

    tdi sekitar jam 9 pgi saya digigit anjing,apakah sekarang saya sudah bisa tahu positif atau gaknya terjangkit rabies,kalau bisa bagaimana cara mengetahuinya

    Hai,   Untuk rabies biasanya tidak dilakukan pemeriksaan pada manusia yang tergigit. Namun pemeriksaan laboratorium dilakukan pada hewan yang menggigit Anda. Pemeriksaan yang dilakukan bisa berupa pemeriksaan histopatologi pada jaringan otak hewan ( karena virus ini menyerang otak dan saraf) atau mendeteksi virus dengan pemeriksaan darah seperti FAT , Immunoperoxide , VN dan FAVN. Masa inkubasi rabies adalah berkisar 2-3 minggu pada manusia tergantung dari besar/ dalam luka gigitan, dekat atau tidak luka gigitan ke daerah otak. Untuk mengenali ada tidaknya virus rabies pertama kali biasanya kita mengobservasi anjing yang menggigit Anda. Jika dalam 10-14 hari tidak ada gejala rabies atau kematian yang disebabkan rabies pada anjing maka dinyatakan bahwa anjing tersebut tidak memiliki virus rabies dan otomatis tidak menularkan virus rabies pada Anda. Gejala rabies pada hewan adalah :

    1. Sangat agresif
    2. Suka bersembunyi di tempat gelap
    3. Ekor turun di belakang kedua kaki
    4. Liur sangat banyak
    5. Takut akan air dan cahaya
    Sementara gejala rabies pada manusia adalah :
    1. Perubahan pola sikap
    2. Depresi
    3. Takut air dan cahaya
    4. Tidak bisa makan
    5. Kejang
    6. Agresif, gelisah.
    7. Dll
    Penanganan rabies perlu dilakukan segera tanpa menunggu hasil laboratorium, jika Anda mencurigai bahwa anjing yang menggigit  Anda terkena rabies maka pemberian serum anti rabies sesegera mungkin dan vaksin rabies harus segera dilakukan pada hari ke 0, ke 7 dan ke 14 pasca pengigitan. Menunggu gejala rabies muncul baru memberikan pengobatan akan sangat terlambat untuk mengobati rabies dan biasanya bersifat fatal. Penanganan pertama yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Mencuci bekas gigitan dengan air sabun dan cairan antiseptik di bawah air mengalir.
    2. Segera bawa ke dokter / RS untuk pemeriksaan lanjutan dan pemberian serum dan vaksin rabies.
    Semoga bermanfaat.     Dr. Yusi