Tanya Dokter

  • Berapa lama sembuh dari hepatitis

  • salam kenal dokter.. suami saya sebulan lalu terserang tipes..sempat dirawat selama 1minggu..setelah 3minggu sepulang dari rumah sakit suami saya demam tinggi,muntah dan diare setelah di tes darah di lab hasilnya suami saya mengalami hepatitis dokter memberikan obat hepatin dan curliv dan menyarankan untuk banyak istirahat .. setelah 3minggu demamnya masih ada dan dokter memberi obat turun panas dan menyarankan untuk istirahat . yang ingin saya tanyakan berapa lama hepatitis bisa sembuh?

    Halo Yansoun,

    Hepatitis adalah penyakit yang menyerang liver akibat masuknya virus ke dalam sel hati. Penyakit ini terbagi menjadi akut dan kronis, dimana hepatitis akut adalah jenis hepatitis A. Hepatitis A penyebarannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh tinja penderita hepatitis A, melalui sanitasi yang buruk, Penyakit ini ditandai dengan keluhan demam, mual, muntah, diare, urine berwarna pekat, kulit dan mata berwarna kuning hingga tinja berwarna pucat.

    Untuk memastikan kondisi ini selain melalui pemeriksaan fisik dokter, ditunjang dengan tes darah untuk menemukan antibodi hep A juga USG dalam menegakkan diagnosis. Setelahnya dokter akan memberikan terapi berupa obat-obatan untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan sistem imun tubuh serta vitamin untuk liver. Masa penyembuhan tentunya ditunjang oleh asupan makanan yang baik, istirahat cukup serta menjaga kebersihan tubuh, dan akan berlangsung seleama beberapa waktu.

    Yang perlu dipastikan adalah apakah ada penyakit lain yang menyertai yang membutuhkan penanganan dan pemeriksaan lanjutan. Sebaiknya kembali berkonsultasi dengan dokter apabila keluhan tidak kunjung membaik dan demam masih terus berlangsung agar pemeriksaan secara detail dan menyeluruhdapat dilakukan dokter, sehingga pengobatan yang sesuai akan Anda dapatkan.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya