Tanya Dokter

  • berapa lama telinga bayi yang mengeluarkan cairan sembuh total?

  •  yuni aristya
    Anggota

    hallo dok, saya yuni ibu dari bayi yang berusia 8 bulan. Kemarin pagi (2 juni) saya mendapati telinga anak saya mengeluarkan cairan kental tapi tidak berbau, dan juga telinganya tidak mengeluarkan darah. padahal malam sebelumnya (1 juni)  telinga anak saya normal2 saja, tapi pada malam itu memang anak saya menangis lama seperti kesakitan sambil menarik2 telinga. pada saat saya melihat cairan tsb, sy langsung membawa anak saya ke bidan terdekat, dan diberi tetes telinga plus antibiotik. yang saya mau tanyakan, apakah anak saya menderita otitis media akut? dan apa obat yang diberikan sdh tepat? dan kira2 berapa lama anak saya bisa sembuh total? terimakasih dok atas penjelasannya.

    Halo,   Ya. bayi Anda bisa saja menderita Otitis media akut. Adanya cairan yang keluar dari telinga anak Anda menandakan telah terjadi Otitis media akut stadium 4 (perforasi= pecahnya gendang telinga) akibat tekanan berlebih pada telinga bagian tengah karena infeksi. Pengobatan otitis media akut stadium perforasi (keluarnya cairan dari telinga) adalah dengan pemberian antibiotik oral dan antibiotik tetes telinga untuk membersihkan liang telinga dari sekret yang berpotensi menyebabkan infeksi tambahan. Selain pengobatan pencegahan terjadinya infeksi telinga tengah berulang juga diwajibkan agar penyembuhan gendang telinga yang pecah bisa sempurna. Pencegahan agar infeksi telinga tidak bertambah parah adalah dengan melakukan beberapa tips seperti :

    1. Hindari mengorek telinga bayi Anda dengan alat apapun.
    2. Berikan ASI sebanyak mungkin.
    3. Jika terjadi flu segera obati sebelum infeksi menjalar ke telinga
    4. Berikan vaksinasi flu setiap tahun sekali (sudah bisa diberikan pada bayi > 6 bulan)
    5. Hindari air masuk ke telinga bayi saat mandi.
    6. Berikan obat sesuai anjuran dokter.
    7. Hindari menyedot ingus bayi dengan cara menghisapnya dengan mulut Anda.
    Waktu yang diperlukan bayi Anda untuk sembuh total akan tergantung dari perawatan ibu dan kondisi bayi, pada dasarnya setelah pemberian antibiotik selama 3-5 hari sekret cairan akan mengering, namun perbaikan gendang telinga yang pecah akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jika setelah 5 hari bayi Anda masih mengeluarkan cairan dari telinga maka sebaiknya Anda memeriksakan bayi Anda ke dokter anak untuk perawatan lanjutan. Baca topik OMA   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Kalo boleh tau obt tetes telinga yg tepat seperti apa yah dok ? Dan krn dy saat ini jg lg flu berat