Tanya Dokter

  • Merasa ingin buang air kecil setelah berhubungan seks

  •  Siska Wurii
    Anggota

    Dok , Kenapa ya Sehabis berhubungan intim sama suami saya Bawaannya pengen pipis2 terus Trus bagaimana cara mengatasinya Mohon solusinya dok ,

    Hai,   Sensasi ingin BAK saat dan paska berhubungan intim masih dikategorikan sebagai hal yang wajar dan lumrah terjadi. Hal ini disebabkan karena terdesaknya kandung kemih karena posisi / gaya berhubungan  dan saluran kencing terangsang oleh penis saat berhubungan. Namun jika keinginan BAK Anda sangat sering dan terdapat keluhan seperti keluar pipis sedikit sedikit dan tidak tampias maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik ke dokter terdekat. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan saluran kencing Anda dengan pemeriksaan tes darah, tes urine dan USG jika perlu. Sensasi ingin sering BAK disertai keluhan bisa disebabkan karena terjadinya infeksi pada saluran kencing Anda. Dengan melakukan pemeriksaan ke dokter maka penyebab keluhan Anda bisa diketahui dan diberikan penanganan yang sesuai. Gejala Infeksi saluran kencing adalah :

    1. Rasa nyeri saat BAK
    2. Keluar pipis sedikit sedikit
    3. Rasa kurang lega setelah pipis
    4. Rasa tidak nyaman pada perut bagian bawah
    5. Bisa disertai demam dan nyeri perut/ pinggang.
    Penanganan ISK adalah dengan pemberian antibiotik oral sesuai indikasi medis pasien. Untuk mengurangi keluhan Anda bisa melakukan :
    1. banyak minum air putih.
    2. Membersihkan dan merawat organ intim Anda.
    3. Biasakan BAK sehabis berhubungan
    4. Jangan sering menahan BAK
    Baca artikel ISK di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Siska Wurii  Siska Wurii
    Anggota

    Iya dok , saya sudah pernah ke dokter pertamanya emang pipisnya sedikit2 , tapi nggak nyeri pas pipisnya , perut juga nggak sakit ,warna urin normal Trus dikasih antibiotik cefadroxil , alphamol , sama caviplek Sudah saya habiskan , dan sudah mendingan Saya minum 4-6 gelas air putih setiap hari Kalo dihitung2 , sehari pipis bisa nyampe 8-10 kali Kira2 itu normal nggak dok ?

    Hai,   BAK normal tidak dihitung berdasarkan frekuensi / berapa kali Anda pipis dalam sehari tapi berapa jumlah BAK yang keluar. Memang gejala ISK adalah sering BAK tapi yang dimaksud disini adalah frekuensi sering sekali yang ekstrem. Sebagai contoh Anda baru saja BAK namun beberapa menit kemudian terasa keinginan untuk pipis kembali. Dan biasanya jumlah BAK sedikit sedikit. Frekuensi (keseringan) BAK bisa dipengaruhi oleh :

    1. Suhu dingin.
    2. Obat -obatan
    3. Banyaknya cairan yang diminum
    4. Banyak mengkonsumsi kopi/ alkohol
    5. Otot kandung kemih yang lemah
    6. dll.
    Jika Anda mengalami perbaikan saat meminum Antibiotik mungkin keluhan Anda memang disebabkan oleh ISK. Namun untuk kepastian sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Siska Wurii  Siska Wurii
    Anggota

    Iya dok ,, Pipisnya kalo abis minum banyak Kalo engga minum banyak engga sering pipis kok Terimakasih dok :)

    Pagi Mba, Setelah saya baca keluhan nya sama sekali dengan saya. Maaf bisa tahu mba, dosis minum obat yg mba sebutkan siatas berapa kali ya mba? Thank you..