Tanya Dokter

  • Cara memperoleh berat badan ideal

  • Dok,apakah berat badan seseorang itu bisa ideal jika orang tsb terlahir gemuk akibat orangtuanya gemuk?? dan juga kebetulan saya juga pes planus.Sudah 6 bulan saya pakai sol sepatu tambahan namun hasilnya nihil.apakah ada hubungannya dengan berat badan saya?

    Hallo Johannes K. Sitorus

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Berat badan ideal seseorang itu dipengaruhi oleh pola konsumsi harian dan jenis makanan yang dikonsumsi. Selain itu berat badan seseorang dipengaruhi aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari. Kurangnya latihan fisik dan pola makan berlebih bisa menyebabkan berat badan menjadi bertambah atau menjadi tidak ideal. Pendapat yang mengatakan bahwa berat badan gemuk disebabkan karena orang tua berbadan gemuk menurut saya kurang tepat. Jadi dengan menjaga pola aktivitas serta pola makan tentu berat badan anda akan terjaga.

    Sedangkan kondisi pes planus atau kaki datar yang anda alami, dimana terjadi berkurangnya atau hilangnya lengkung kaki bagian tengah yang menyebabkan seluruh permukaan telapak kaki menyentuh tanah (flatfoot ). Normalnya, hampir semua bayi  terlahir dalam kondisi seperti ini. Ini disebabkan adanya bantalan lemak yang besar di telapak kaki. Bantalan lemak tersebut perlahan akan berkurang seiring dengan pertumbuhan. Lengkungan yang awalnya tidak ada, akan berkembang selama masa anak - anak, hingga usia  5 - 6 tahun atau lebih. Kadang pada masa anak - anak, kondisi kaki datar bisa tidak menimbulkan gejala/ gangguan. Namun jika kondisi tersebut bertahan hingga usia dewasa, beberapa mungkin akan merasakan nyeri di bagian telapak kaki. Anda harus mengetahui bahwa berat badan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi pes planus, dimana berat badan dianggap memberikan beban berat pada kondisi normal telapak kaki sehingga bisa menyebabkan gangguan pes planus ini atau memperberat nyeri pada penderita pes planus. Pada penelitian juga ditemukan bahwa sebagian besar individu yang mengalami pes planus ditemukan memiliki kondisi obesitas atau berat badan berlebih. Jadi saran saya selain menggunakan alat bantu sepatu khusus pes planus anda juga melakukan penurunan berat badan jika berat badan anda berlebih atau obesitas. Untuk penanganan pes planus sendiri memang dapat secara konservatif (menggunakan alat bantu) atau dengan jalan operasi pembedahan tulang. Biasanya pembedahan dilakukan jika tindakan konservatif tidak berhasil mengatasi kondisi pes planus. Biasanya pada penanganan secara konservatif juga dilakukan terapi fisik (fisioterapi) untuk membantu mengurangi nyeri dan melatih cara jalan yang baik.

    Jadi saran saya jika memang kondisi pes planus ini masih anda rasakan dan tidak membaik, maka sebaiknya anda melakukan kontrol kembali pada dokter yang sebelumnya merawat anda untuk dilakukan evaluasi pengobatan anda.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino