Tanya Dokter

  • Konsumsi martabak manis dan kegemukan

  •  renosad
    Anggota
    Apakah makan martabak manis bisa bikin gemuk, dok?

    Halo renosad,terimakasih telah bertanya di alodokter. mengenai pertanyaan anda apakah maratabak membuat gemuk,hal ini sangat relatif karena tergantung pada masing-masing individu. Tetapi asupan martabak meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh. Gemuk atau kurusnya manusia diukur berdasarkan Indeks Massa Tubuh (berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi badan dalam meter dikuadratkan),range IMT normal adalah 18,5-24,9. Jika IMT anda lebih dari 24,9 maka anda dapat dikategorikan berat badan berlebih. Sedangkan kebutuhan kalori pada pria dan wanita berbeda,kebutuhan kalori wanita berkisar antara 2100-2300 perhari,kebutuhan kalori pria berkisar antara 2600-2700 kalori perhari. Jika anda ingin menjaga berat badan agar tetap stabil,anda dapat menghitung jumlah kalori intake anda lebih kecil daripada jumlah kalori yang keluar,atau kalori intake sama dengan kalori yang keluar,hal ini tergantung pada IMT anda. Berikut adalah jumlah kalori pada satu potong martabak.
    1. Dalam satu potong martabak telur mengandung kalori sebesar 356 Kkal, 8,5 gr protein, 25,5 gr lemak dan 24,3 gr karbohidrat.
    2.  Sepotong martabak dengan isian cokelat mengandung kalori sekitar 149,35 Kkal, protein sebesar 2,21 gr, lemak 4,98 gr, dan karbohidrat 24,38 gr.
    3. Untuk martabak isian cokelat keju, mengandung energi sekitar 145,55 Kkal, protein 3,83 gr, lemak 3,5 gr dan 4,65 gr karbohidrat.
     Untuk mengetahui info lebih lengkapnya mengenai kalori,IMT ataupun cara untuk mengurangi berat badan,anda dapet berknsultasi ke dokter gizi. Semoga info ini bermanfaat,salam dr. Celleen